Sukses

MIND ID Cari Pasokan Lithium di Luar Negeri, Negara Mana Saja?

MIND ID tidak hanya terfokus mencari lithium saja, namun juga komoditas lain seperti emas hingga fosfat.

Liputan6.com, Jakarta - Mining Industry Indonesia (MIND ID) bakal mencari pasokan lithium sebagai salah satu bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik (EV battery) di beberapa negara potensial.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan, pihaknya tidak hanya terfokus mencari lithium saja, namun juga komoditas lain seperti emas hingga fosfat.

"Beberapa negara ini kita lihat yang memiliki potensi lithium, fosfat dan lain-lain. Negaranya ada Peru, Kanada, Jordan, Laos, Australia, Maroko, Senegal, Malawi," ujar Orias dalam konferensi pers, Jumat (7/5/2021).

Orias melanjutkan, MIND ID berkomunikasi aktif dengan duta besar masing-masing negara dan beberapa perusahaan terkait dalam pencarian lithium ini.

Kendati, langkah yang dilakukan ini masih dalam tahap awal imbas adanya pandemi Covid-19. "Beberapa proyeknya sedang berjalan dan nanti kita akan sampaikan kalau sudah ada kemajuan. Ini masih tahap awal sekali. Habis Covid-19 ini kita baru bergerak, sekarang masih terbatas pergerakannya," ujar Orias.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juga Dari di Dalam Negeri

Di sisi lain, pihaknya juga masih berusaha mencari sumber lithium di dalam negeri, terutama melalui anak usaha MIND ID, PT Timah.

Meski disebut ada temuan, namun dirinya masih belum berani menyebutkan lokasi persisnya.

"Sampai saat ini di dalam negeri kita pastikan barangnya benar-benar ada. Tempatnya tidak disangka-sangka, tapi di situ tempatnya. Kalau sudah confirmed kita akan kasih tahu," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.