Sukses

Mendag: Fesyen Lokal Jadi Penggerak Utama Ekonomi Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyambut baik perhelatan program inaFashion Smesco Online Expo 2021. Menyusul adanya manfaat nyata atas perhelatan program tersebut terhadap perbaikan kinerja UMKM sektor fashion di untuk percepatan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Saya Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pameran vitual inaFashion Smesco Online Expo 2021," ucapnya dalam dalam acara Opening Ceremony inaFashion Smesco Online Expo 2021, Rabu (21/4).

Mendag Lutfi mengungkapkan, penyelenggaraan acara inaFashion Smesco Online Expo 2021 ini sebagai salah satu bentuk dukungan nyata terhadap upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Diantaranya dengan menjaga perbaikan tren daya konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Karena fesyen lokal sangat berpotensi menjadi salah satu penggerak utama dari perekonomian nasional," tegasnya.

Mendag Luthfi meyakini, program ini mampu untuk memacu kinerja UMKM di bidang fashion agar bisa pulih kembali di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan inaFashion Smesco Online Expo 2021. Walhasil upaya untuk membangkitkan kinerja UMKM sektor fashion bisa segera terwujud dalam waktu dekat.

"(Jadi), mari bersama-sama kita sukseskan penyelenggaraan pameran virtual inaFashion Smesco Online Expo 2021," ucap dia mengakhiri.

2 dari 3 halaman

Smesco Gandeng Hippindo Gelar Pameran InaFashion, Catat Tanggalnya

Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, mengatakan diselenggarakannya pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021, merupakan salah satu upaya untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus membantu para UMKM di Indonesia.

“Kami sebagai pelaku melihat bahwa di dalam Hari Konsumen Nasional tanggal 20 April kemarin dan sekarang hari Kartini adalah momentum yang tepat untuk memulai acara hari ini bertepatan dengan puasa dan Idul Fitri, sehingga hari ini sangat tepat untuk mengkoordinasikan seluruh sektor dalam kondisi covid-19 menuju go digital,” kata Budihardjo dalam Opening Ceremony inaFashion Smesco Online Expo 2021, di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Budihardjo menjelaskan pameran InaFashion Indonesia ini bekerjasama dengan InaProduct.com dan juga berkolaborasi dengan Smesco milik Kementerian Koperasi dan UKM. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk menjadikan Smesco sebagai pusat perdagangan brand-brand lokal sekaligus membantu UMKM mendapatkan bahan baku.

“Dan juga kebetulan program-program Pemerintah Bangga Buatan Indonesia dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam rangka covid-19 ini kita perlukan tindakan-tindakan dan terobosan tidak hanya meminta bantuan ke Pemerintah melainkan juga solusi apa yang harus kita buat,” ujarnya.

Adapun pameran ini akan dibuka mulai hari ini tanggal 21 April hingga 30 April 2021. Budihardjo menyebut pameran ini menjadi solusi meningkatkan penjualan produk-produk UMKM disaat pandemi. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: