Sukses

KoinWorks Perkuat Lini Manajemen Risiko Penyaluran Pembiayaan dengan Menunjuk CRO Baru

KoinWorks, platform Super Financial App yang fokus menghadirkan ragam layanan finansial khususnya untuk pelaku UKM, memperkuat jajaran tim direksi perusahaan dengan merekrut talenta profesional dan berpengalaman, yaitu Valdy Mustafa sebagai Chief of Risk Officer.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi membuat semua pekerjaan semakin mudah. Sama halnya dengan sistem pembayaran. Dulu, bertransaksi memerlukan proses yang cukup merepotkan dan hal itu perlu tatap muka dalam prosesnya. 

Kini dengan adanya fintech atau finansial teknologi mampu memudahkan transaksi dengan adanya teknologi dan sistem keuangan. Hal itu bisa dilakukan hanya dengan smartphone

Namun, dalam menjalankan fintech diperlukan manajemen risiko dalam tata kelola industri keuangan. Pasalnya hal itu merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh setiap pelaku industri keuangan termasuk pelaku di industri fintech. 

Perlu diketahui, bagi pelaku fintech khususnya fintech dalam vertikal bisnis P2P Lending, manajemen risiko ini pun mencangkup risiko dalam penyaluran pembiayaan, seperti risiko gagal bayar oleh peminjam, fraud & risiko operasional lainnya. 

Melihat hal itu, penting sekali penerapan manajemen risiko tersebut. Hal itu telah disadari oleh KoinWorks, platform Super Financial App yang fokus menghadirkan ragam layanan finansial khususnya untuk pelaku UKM, memperkuat jajaran tim direksi perusahaan dengan merekrut talenta profesional dan berpengalaman, yaitu Valdy Mustafa sebagai Chief of Risk Officer. Kehadiran

Valdy merupakan upaya untuk meningkatkan tata kelola manajemen risiko pada keseluruhan lini bisnis KoinWorks, termasuk untuk mempersiapkan kehadiran inovasi KoinWorks yang tengah dipersiapkan. 

CEO & Co-founder KoinWorks, Benedicto Haryono mengungkapkan bergabungnya Valdy Mustafa kedalam jajaran direksi di KoinWorks sebagai CRO merupakan bagian dari langkah KoinWorks untuk memperkuat manajemen risiko perusahaan, tidak hanya dalam hal penyaluran pembiayaan, namun juga pada aspek manajemen resiko lain dalam keseluruhan operasional bisnis.

“Dengan bergabungnya Valdy diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan performa bisnis KoinWorks baik terkait penyaluran pembiayaan melalui Koin P2P, maupun pada layanan lain yang sudah ada maupun yang akan segera kami keluarkan di Super Financial App KoinWorks,” ujar Benedicto Haryono.

Sementara itu, Chief of Risk Officer KoinWorks Valdy Mustafa menyampaikan KoinWorks adalah suatu emerging entity yang benar-benar serius dalam memanfaatkan teknologi guna mendukung inklusi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, bahkan kepada lapisan yang sebelumnya disebut-sebut sebagai unbankable

“Hal ini juga lebih memotivasi saya untuk dapat memperkuat manajemen risiko yang lebih baik, efektif dan efisien agar pembiayaan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran serta terus meningkatkan kualitas pinjaman terbaik untuk dapat didanai oleh para pendana KoinP2P,” tutur  Valdy Mustafa. 

Talenta profesional

Valdy Mustafa merupakan talenta profesional dengan lebih dari 20 tahun pengalaman di bidang Risk Management di berbagai Bank ternama di Indonesia. 

Dalam perjalanan kariernya ini Valdy pernah memegang berbagai tanggung jawab dalam hal manajemen risiko mulai dari Corporate Credit, Credit Card, Credit Planning hingga Loan Workout.

Pada pengalamannya tersebut, Valdy juga banyak menjadi inisiator dan memegang peranan penting dalam pengembangan otomatisasi proses underwriting, sehingga penyaluran pinjaman dapat dilakukan dengan cepat namun tetap tepat sasaran dan bisnis dapat tumbuh bahkan hingga empat kali lipat. 

Sebagai Chief of Risk Officer, Valdy menyebutkan akan fokus untuk meningkatkan kapasitas tim Risk guna mendukung pengembangan otomatisasi pada proses approval pinjaman sehingga dapat mempercepat penyaluran pinjaman hingga 100% lewat fitur instant approval untuk penyaluran pembiayaan dengan kategori tertentu. 

“Berbekal pengalaman dan ilmu yang saya miliki, dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi membuat saya optimis dapat memberikan perubahan nyata dalam mengisi celah yang masih kosong dalam membawa KoinWorks menjadi penggerak UKM Indonesia untuk semakin maju dan berkembang,” lanjut Valdy. 

Sebagai perusahaan finansial berbasis teknologi, KoinWorks meyakini bahwa kolaborasi antara kemajuan teknologi dan manusia dapat menghasilkan sebuah hasil yang sangat baik dalam meraih sebuah tujuan. Untuk itu, Valdy berkomitmen untuk terus mengkombinasikan dua hal ini untuk mencapai penilaian kredit yang cepat, tepat dan berkualitas guna mencapai misi KoinWorks, yaitu inklusi finansial yang merata di tanah air.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.