Sukses

8 Gerbang Tol Cengkareng-Kunciran Telah Dibuka, Warga Bisa Nikmati Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran resmi beroperasi pada 1 April 2021. Peresmian tol ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk sosialisasi, jalan tol ini untuk sementara dioperasikan tanpa tarif mulai 2 April 2021.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran, pada awal pengoperasiannya hanya mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Kunciran 6, GT Kunciran 7, GT Kunciran 8 dan Gerbang Tol Benda Utama untuk melayani pengguna jalan menerus dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun sejak Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00 WIB PT JKC telah mengoperasikan seluruh On/Off Ramp atau akses masuk atau keluar jalan tol ini.

Jalan tol sepanjang 14,19 km ini telah mengoperasikan seluruh On/Off Ramp dengan total 8 Gerbang Tol (GT), yaitu GT Tanah Tinggi 1 dan 2, GT Buaran Indah 1 dan 2, serta GT Pinang 1, 2, 3 dan 4.

Direktur PT JKC Agung Widodo menjelaskan, dengan dioperasikannya seluruh akses jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta. Demikian pula sebaliknya, atau pun hanya menggunakannya dari dan menuju daerah Tanah Tinggi, Buaran Indah dan Pinang.

"Saat ini semua akses pada Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sudah dioperasikan semua, sehingga sudah dapat digunakan untuk perjalanan menerus ke Bandara Soekarno-Hatta ataupun untuk akses dari dan menuju daerah sekitar Tanah Tinggi, Buaran dan Pinang. Jalan ini juga telah terhubung hingga Pamulang melalui Jalan Tol Kunciran-Serpong dan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Diharapkan dengan telah beroperasinya Ruas Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran, yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa serta akan meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta pada umumnya dan kota Tangerang pada khususnya.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar memastikan kecukupan saldo uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan serta menggunakan kartu yang sama pada gerbang masuk dan gerbang keluar di jaringan Jalan Tol JORR II.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.

2 dari 3 halaman

4 Harapan Jokowi Saat Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis, 1 April 2021 meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Kedua jalan bebas hambatan tersebut merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Jokowi pun menyampaikan sejumlah harapannya.

Salah satunya, dia berharap Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran dapat membantu memecahkan masalah kemacetan yang selama ini menumpuk di wilayah DKI Jakarta.

"Tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan yang selama ini menumpuk di kota Jakarta, dan melancarkan mobilitas komuter di Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," ujar Jokowi saat peresmian melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 1 April 2021.

Selain itu, Jokowi mengatakan, keberadaan tol ini sangat dinantikan masyarakat karena mempermudah akses masyarakat yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

"Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," papar dia.

Berikut 4 harapan Jokowi saat meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dihimpun Liputan6.com:

Permudah Akses ke Bandara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis, 1 April 2021 meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Jokowi mengatakan, keberadaan tol ini sangat dinantikan masyarakat karena dapat mempermudah akses masyarakat yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

"Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," ucap dia saat peresmian melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 1 April 2021.

Bisa Urai Kemacetan Jakarta

Selain itu, Jokowi mengatakan keberadaan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran diharap akan mengurai kemacetan yang menumpuk di DKI Jakarta.

Adapun, kedua ruas tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

"Tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan lalu lintas, kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," kata Jokowi.

Lancarkan Distribusi Logistik

Selain itu, Jokowi menyebut kehadiran dua ruas tol ini akan melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan. Sehingga, mampu menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik.

Dia menyampaikan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran bukan tak hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah, namun juga meningkatkan daya saing daerah. Kemudian, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitar tol.

"Mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," kata Jokowi.

Dapat Menarik Investor

Untuk itu, Jokowi meminta pemerintah daerah setempat untuk menjadikan keberadaan tol ini sebagai keunggulan untuk menarik investor.

Dia ingin kehadiran jalan tol ini bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

"Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrakstuktur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak investasi yang datang," terang Jokowi.

"Agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan mebuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: