Sukses

Pertamina Kendalikan Arus Minyak demi Cegah Kebakaran Kilang Minyak Balongan Meluas

Tim Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) Kilang Balongan Pertamina bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu fokus melakukan pemadaman api.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) segera mengambil tindakan pasca insiden meledaknya Kilang Minyak Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3/2021) dini hari pukul 00.45 WIB.

Tim Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) Kilang Balongan Pertamina bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu fokus melakukan pemadaman api di area tangki kilang yang berlokasi di Desa Balongan.

"Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifky Sukarya dalam keterangan resmi Pertamina, Senin (29/3/2021).

Ifky menyatakan, penyebab insiden Kilang Minyak Balongan saat ini belum dapat dipastikan dan masih dalam proses investigasi oleh pihak yang berwenang.

Di sisi lain, dia menambahkan, Pertamina juga telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

"Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran," imbuh Ifky.

Saat insiden Kilang Balongan terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar. Mereka langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu.

"Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI," ujar Ifky.

Terkait ini, dia memastikan pasokan BBM dari Kilang Minyak Pertamina tak terganggu. "Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," tandasnya.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Kilang Minyak Balongan Pertamina Tak Ganggu Pasokan BBM ke Jakarta

Kilang minyak Balongan, Indramayu Jawa Barat mengalami kebakaran besar, pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, insiden tersebut membuat fasilitas produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) ini mengalami gangguan.

Lalu bagaimana pasokan BBM ke Jakarta dan sekitarnya?

Unit Manager Communication Relations dan CSR Marketing Operation Regional (MOR) III Pertamina Eko Kristiawan menyatakan, pasokan BBM ke wilayah Jakarta sekitaranya tetap aman, meski Kilang minyak Balongan mengalami kebakaran.

"Pasokan tetap aman," kata Eko, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifky Sukarya pun menyatakan, dengan adanya kebakaran kilang minyak Balongan ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Wakil Komisaris Pertamina Pahala M Mansury menyatakan, Pertamina sedang memastikan persediaan produksi dan persediaan BBM cukup untuk memenuhi konsumsi.

"Kami sedang memastikan bahwa produksi dan persediaan yg ada cukup untuk memastikan konsumsi BBM,"

Menurutnya, untuk mengetahui penyebab terbakarnya kilang minyak Balongan akan dilakukan investigasi terlebih dahulu, bersama dengan pihak Kepolisian.

"Investigasi beserta kepolisian utk memastikan penyebabnya, serta memastikan pengamanan juga di fasilitas-fasilitas kilang serta fasilitas lainnya," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.