Sukses

Kilang Minyak Pertamina Balongan Sudah 3 Kali Terbakar, Simak Rentetannya

Kawasan Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, beberapa kali mengalami kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat, beberapa kali mengalami kebakaran, padahal fasilitas pengolahan minyak tersebut berperan penting salam memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Jakarta.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, berikut insiden kebakaran di wilayah Kilang Minyak Balongan.

Kilang Balongan terbakar pada Oktober 2007. Dengan adanya insiden tersebut, api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

Kebakaran pada January 2019 kembali terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak (kilang) Balongan, Jawa Barat.

Syahrial Mukhtar yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris ‎Perusahaan Pertamina mengatakan, fasilitas yang terbakar merupakan boiler penyuplai gas, untuk mendukung kegiatan kilang Balongan.

‎"Yang terbakar OTG Pertmina EP area asset 3 jadi di jalur boilernya," kata Syahrial.

Menurut Syahrial, kebakaran terjadi pada Senin (4/1/2019), pukul 09.40 WIB, kemudian dalam 20 menit kebakaran sudah dapat dipadamkan. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

"Sudah mati.‎ Pagi tadi di area boiler. Jam 09.40, tapi 20 menit kemudian aman," ‎tuturnya.

Syahrial menegaskan, fasilitas yang terbakar tersebut berada di dekat kilang Balongan, tapi letaknya di luar komplek kilang. ‎Tidak ada korban atas peristiwa tersebut.

"Dekat situ (Kilang Minyak Balongan). Gas yang dibutuhkan untuk ke kilangnya,"‎ katanya.

Usai kejadian pada 2019 lalu, kebakaran dasyat kembali terjadi di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, di mana telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti. Namun, pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah Kilang Minyak Pertamina Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kilang Balongan Terbakar, Pertamina: Saat Kejadian Turun Hujan Deras Disertai Petir

Tangki T-301G Kilang Balongan milik Pertamina terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. 

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, penyebab kebakaran di Kilang Balongan belum diketahui secara pasti. Namun, pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

"Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran di Kilang Balongan.

Sebelumnya, kilang Balongan di Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar di Kilang Balongan

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.

Belum diketahui penyebab ledakan Kilang Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut.

3 dari 3 halaman

Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Api Terlihat hingga Jarak 5 Km

Api yang membakar kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

"Dari sini kelihatan banget apinya besar," kata Suci, warga Indramayu, seperti dikutip dari Antara.

Suci mengungkapkan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun jauh, api tampak jelas membumbung tinggi.

"Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan," kata Suci.

Warga lainnya bernama Dedi menuturkan hal yang sama bahwa kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.

"Iya benar dari sini kelihatan. Memang benar itu kawasan RU VI Balongan," kata dia.

Dari video yang beredar di kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.