Sukses

BI dan Pemerintah Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM

Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok merupakan bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan Pemerintah menyelenggarakan kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok pada rabu (10/3/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1.

Kegiatan Belanja Bersama merupakan bentuk konkrit dukungan para pemangku kebijakan terhadap produk-produk UMKM, khususnya dari NTB, sebagai tema utama dari penyelenggaraan KKI 2021 Seri 1. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk senantiasa mencintai, menggunakan, dan bangga terhadap produk-produk dalam negeri.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, KKI 2021 Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok merupakan bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

"Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong belanja produk UMKM lokal yang didukung pula oleh 15 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di Indonesia," kelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/3/2021).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, kegiatan ini menjadi terobosan besar dan tonggak produk lokal artisan yang berorientasi luar negeri serta mendukung kebiasaan berbelanja produk UMKM lokal yang merupakan tulang punggung (backbone) perekonomian Indonesia.

Kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #EksotismeLombok menampilkan produk unggulan khas NTB, antara lain 341 kain yang dihasilkan oleh 7 UMKM lokal, produk kopi dari kaki gunung di Lombok Utara sebanyak 450 paket kopi baik robusta maupun arabica, yang sudah diekspor ke Korea Selatan dan Kanada, serta produk teh kelor sebanyak 530 paket dalam berbagai produk turunannya yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kegiatan ini mengedepankan sinergi yang diwujudkan melalui partisipasi dari Pimpinan 15 Kementerian dan Lembaga dalam melakukan belanja online produk UMKM NTB secara bersama-sama.

BI mengajak masyarakat untuk menghadiri berbagai rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id. Dalam hal masyarakat ingin membeli produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Belanja di Pameran Karya Kreatif Indonesia? Buka Dulu Katalognya

Untuk diketahui, Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 dengan "Eksotisme Lombok" resmi dibuka hari ini, Rabu (3/3/2021). Rencananya pameran tersebut akan digelar pada 3 - 31 Maret 2021. Acara ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja.

Agenda utama dalam acara ini adalah showcase produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara ini akan menampilkan produk UMKM unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan seluruh Nusantara.

Bagi Anda yang tertarik untuk berbelanja produk-produk UMKM, berikut tata cara akses e-catalogue karya kreatif Indonesia 2021 “Eksotisme Lombok”:

1. Buka web browser di laptop atau smartphone Anda, lalu ketik ‘karyakreatifindonesia.co.id’ pada kolom pencarian.

2. Pilih menu “Pameran” di Menu Bar lalu klik “Pameran Virtual” dan pilih produk favorit Anda berdasarkan jenis produk maupun wilayah.

3. Untuk membeli produk, Anda dapat menghubungi kontak UMKM atau belanja langsung melalui marketplace yang tertera.

4. Klik “Pameran Fisik” untuk mengetahui lokasi pameran di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Nusantara.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, mengatakan puncak acara akan dilaksanakan pada 10 Maret sebagai Hari Belanja produk UMKM NTB. Kendati begitu, bagi masyarakat yang tertarik untuk berbelanja produk UMKM bisa dimulai dari sekarang, tidak perlu menunggu tanggal 10 Maret nanti.

“Insyallah nanti tanggal 10 Maret adalah Hari belanja produk UMKM NTB, tapi tanpa menunggu 10 Maret hari ini kita akan belanja, setelah acara ini mari kita berbelanja,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.