Sukses

Perjalanan Karier Rina Gunawan, dari Artis hingga Sukses Bisnis Wedding Organizer

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis sekaligus pebisnis sukses Rina Gunawan meninggal dunia. Sebelum tutup usia, istri Teddy Syach ini sempat kritis karena terinfeksi Covid-19.

Rina Gunawan memang memulai karier sebagai artis dan presenter. Setelah lama berkecimpung di dunia hiburan, Rina Gunawan pun banting stir dengan bergelut di dunia Wedding Organizer (WO) sejak tahun 1992.

Sama seperti kariernya di dunia keartisan, bisnis WO Rina Gunawan pun terbilang sukses. Jasa WO miliknya banyak digunakan oleh rekan sesama artis, seperti Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair serta Anang Hermansyah dan Ashanty.

Kesuksesannya dalam berbisnis pun ditularkan kepada kedua anaknya, yaitu Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Dikutip dari Kapanlagi.com, mengajari anaknya bekerja di usia muda adalah salah satu alasan Rina Gunawan untuk mengenalkan pekerja orangtuanya kepada sang anak.

Kendati Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach adalah anak kandungnya, Rina mengatakan mereka tetap mendapat bayaran.

Namun sama seperti yang lain, bisnis WO Rina Gunawan pun turut terkena dampak pandemi Covid-19. Menurut dia, bisnis WO di masa pandemi mengalami dampak signifikan.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Penghasilan Turun Drastis

Istri aktor Teddy Syah bahkan tak malu mengakui penghasilannya menurun drastis dari mengelola bisnis WO selama pandemi. Rumitnya peraturan yang diterapkan Pemerintah terkait Covid-19 serta alasan kesehatan, menjadi faktor utama tersendatnya bisnis WO.

"Pastinya, pastinya (ada penurunan penghasilan-red). Apalagi sekarang banyak yang menunda-nunda untuk wedding banyak sekali," kata Rina Gunawan.

Mengurus pernikahan di masa pandemi, kata Rina Gunawan, menguras tenaga dan pikiran. Konsentrasinya dibenturkan pada keinginan klien dan peraturan Pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: