Sukses

Mengenal Deretan Miliarder Dunia Asal Afrika, Semakin Tajir saat Pandemi Covid-19

Kenyataannya, miliarder Afrika justru muncul sebagai pemenang besar ketika adanya pandemi global 2020.

Liputan6.com, Jakarta Forbes kembali mengeluarkan deretan miliarder  dunia terbaru di 2021. Ternyata didalamnya juga terdapat nama-nama dari Benua Afrika. Hal itu menunjukkan bahwa di Afrika pun banyak mencetak miliarder dunia.

Afrika Selatan, termasuk Mesir mampu mencetak sejumlah miliarder. Tepatnya ada 5 miliarder.

Miliarder lain diantaranya, 3 berasal di Nigeria, 2 dari Maroko, dan masing-masing satu orang dari Aljazair, Tanzania, dan Zimbabwe.

Adanya kasus wabah pandemi global yang juga menimpa Afrika, membuat negara di benua tersebut harus berjuang lebih keras untuk mengatasi masalah ekonomi yang besar.

Belum lagi harus berjuang melewati kondisi pasar global yang menurun secara signifikan ketika adanya lockdown.

Kenyataannya, miliarder Afrika justru muncul sebagai pemenang besar ketika adanya pandemi global 2020. Masing-masing memiliki kekayaan senilai USD 5,2 miliar yang terbagi atas 18 miliarder di Afrika. Rata-rata, kekayaannya meningkat hingga 12 persen di tahun lalu.

CEO sekaligus pendiri Dangote Cement, yakni Aliko Dangote masih tetap menjadi orang terkaya di benua Afrika. Kini Aliko berhasil mengantongi kekayaan hingga USD 12,1 miliar. 

Adapun peraih keuntungan terbesar lainnya selama setahun terakhir, yakni Abdulsamad Rabiu. Kekayaannya tumbuh secara signifikan setelah BUA Cement PLC miliknya terdaftar dalam bursa saham Nigeria.

Hingga tahun 2021 ini, Rabiu telah memperoleh kekayaan menjadi USD 5,5 miliar. Pertumbuhannya hingga 77 persen mampu menempatkannya di urutan keenam secara keseluruhan.

Miliarder Afrika Selatan

Seperti miliarder AS, pandemi Covid-19 juga justru membuat para miliarder Afrika Selatan menjadi lebih kaya sejak akhir tahun.

Secara kolektif, kekayaan miliarder negara ini naik hingga USD 1,6 miliar selama 12 bulan terakhir. Kini total kekayaan kolektif mencapai USD 22,2 miliar, dengan rata-rata menghasilkan USD 4,4 miliar.

Salah satu yang menduduki peringkat tersebut adalah Nicky Oppenheimer dan Johann Rupert. Masing-masing berada di peringkat ketiga dan keempat. Padahal sebelumnya mereka berada di posisi bawah dari peringkat yang sekarang.

Hal itu pun turut dirasakan oleh Patrice Motsepe, Koos, Bekker, dan Michiel le Roux. Mereka juga naik satu peringkat.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Miliarder

Berikut ini daftar urutan miliarder Afrika Selatan di awal 2021, seperti melansir laman BusinessTech, Selasa (9/2/2021).

1. Nicky Oppenheimer

Kekayaan bersih : USD 8 miliar

Sumber kekayaan : berlian

 

2. Johann Rupert

Kekayaan bersih USD 7,2 miliar

Sumber kekayaan : barang-barang mewah

 

 

3. Patrice Motsepe

Kekayaan bersih : USD 3 miliar

Sumber kekayaan : pertambangan

 

4. Koos Bekker

Kekayaan bersih : USD 2,8 miliar

Sumber kekayaan : media, investasi

 

5. Michiel le Roux

 

Kekayaan bersih : USD 1,2 miliar

Sumber kekayaan : Perbankan

Berlawanan dengan para miliarder yang semakin kaya, jutaan orang di dunia ternyata banyak yang terkena dampak pandemi, banyak yang kehilangan pekerjaannya.

Oxfam International melaporkan, pandemi global telah menimbulkan kesenjangan yang mendalam di masyarakat karena kondisi ekonomi.

Hanya butuh waktu sekitar sembilan bulan saja para miliarder melipatgandakan kekayaannya. Hal itu tentu sangat berlawanan dengan masyarakat yang berada di kelas menengah bawah karena mereka harus berjuang mati-matian.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.