Sukses

Bank DBS Indonesia dan Cipta Kridatama Dapat Penghargaan Best Employer 2020

Liputan6.com, Jakarta PT Bank DBS Indonesia dan Cipta Kridatama mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia Best Employer di tahun 2020. Penghargaan ini diberikan oleh Kincentric. Best Employee merupakan sebuah program untuk mengukur serta menilai perusahaan-perusahaan yang berhasil menunjukkan kehebatannya di lingkungan kerja.

“Kinsentric Best Employee Program ini dirancang untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang unggul dalam membantu karyawan menghadapi perubahan yang terjadi,” ujar Andrew How, Market Leader Kincentric, Rabu (27/01/2021).

Kedua perusahaan tersebut telah dievaluasi dalam empat bidang utama, yakni Employee Engagement, Organizational Agility, Engaging Leadership, dan Talent Focus.

Di samping itu, penghargaan kepada kedua perusahaan ini juga didukung oleh pengoptimalan keterlibatan karyawan, yang mana karyawan-karyawan mereka merasa 13 persen lebih terlibat bila dibandingkan dengan perusahaan atau organisasi lain.

Hal itu terlepas dari gabungan antara praktik kerja jarak jauh dan kerja dari kantor yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Selain itu, salah satu faktor pendorong atas keterlibatan karyawan yang kuat disebabkan oleh lingkungan kerja yang kondusif, yang menerima keragaman latar belakang dan cara berpikir.

Faktor pembeda

“Sejak pertama kali pandemi dimulai, kami menyadari bahwa health and safety yang paling penting untuk kami di DBS Indonesia. Semua kebijakan, strategi, dan inisiatif yang kami lakukan berdasarkan health and safety untuk karyawan. Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi segala perubahan baik dari cara maupun tempat bekerja,” ujar Head of HR Department Bank DBS Indonesia Aries Sunu.

Sejak awal adanya pandemi, DBS telah membuat dan menerapkan sistem protokol kesehatan untuk para karyawan. Tak hanya itu, DBS juga membagikan handsanitizer, masker, serta vitamin C dan juga refillnya untuk seluruh karyawan.

Ketika karyawan tidak bisa keluar kantor – ketika bekerja di kantor – untuk membeli makanan, DBS juga telah menyiapkan makanan untuk para karyawan.

Untuk mendukup karyawan melakukan pekerjaannya dari rumah atau work from home (WFH), DBS telah menyediakan hampir 1.000 laptop baru. Selain itu, DBS juga memberikan budget sekitar Rp 3 juta untuk tiap karyawan. Budget itu diberikan untuk dimanfaatkan para karyawannya membeli segala perlengkapan penunjang WFH, seperti meja, kursi, headset, dan sebagainya.

Hingga saat ini, DBS telah bekerja sama dengan salah satu rumah sakit untuk keperluan melakukan tes Covid-19 ataupun perawatan untuk karyawan. Selain itu, DBS juga menyediakan transportasi untuk karyawan yang harus bekerja di kantor.

“Selain melakukan itu semua, kami juga banyak melakukan perubahan dari segi prosedur, sistem, dan infrastruktur untuk bisa beradaptasi dengan pandemi ini,” ujar Aries.

Reporter: Aprilia Wahyu M

 

Saksikan video pilihan berikut ini: