Sukses

Intip Trik Efektif Berburu Pekerjaan

Untuk menemukan pekerjaan yang memuaskan, Anda hanya perlu melakukan beberapa cara. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin saat ini banyak orang sedang mencari pekerjaan baru atau pekerjaan sampingan karena kondisi ekonomi yang ada. Bisa juga untuk membuat perubahan karier dan ingin menemukan yang lebih cocok. Mencari pekerjaan bisa jadi hal yang sulit dan membuat frustrasi.

Terlalu banyak profesional yang tidak yakin bagaimana cara efektif mencari pekerjaan baru. Itu karena ada begitu banyak sumber daya di luar sana dan begitu banyak langkah yang harus diambil.

Untuk menemukan pekerjaan yang memuaskan, Anda hanya perlu mempersiapkan rencana, dedikasi, kepositifan, dan tujuan yang realistis. Melansir dari laman US News, berikut adalah 5 tips mencari pekerjaan yang lebih efektif, Senin (1/2/2021).

1. Arah yang Jelas

Penting untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lamar terlebih dahulu, karena semua yang dilakukan dan setiap langkah yang diambil harus mendukung arah tersebut. Ini akan membantu menyederhanakan pencarian di papan pekerjaan karena Anda akan tahu persis apa yang dicari.

Untuk menentukan jenis pekerjaan yang diinginkan, luangkan waktu untuk memikirkan pernyataan profesional. Ini termasuk elemen penting seperti nilai, minat, kekuatan, pendidikan, pengalaman, dan tipe kepribadian Anda.

Ini mungkin membutuhkan lebih banyak waktu di awal pencarian, tetapi ini penting untuk pencarian kerja yang sukses. 

Setelah memahami elemen-elemen tersebut dengan jelas, ini akan membantu untuk tetap fokus dalam tahap pencarian kerja dan saat melakukan wawancara. 

Lebih mudah untuk mengekspresikan siapa Anda sebagai seorang profesional. Mungkin juga berguna untuk berbicara dengan teman dekat atau pelatih karier untuk membantu mempersempit pilihan Anda. 

2. Gunakan Relasi 

Setidaknya 60 persen pekerjaan ditemukan melalui jaringan atau relasi, jadi Anda tidak boleh mengabaikan kekuatan relasi untuk mencari pekerjaan yang efektif. 

Berburu pekerjaan di jaringan tidak terbatas, Anda juga dapat menyertakan alumni atau asosiasi industri, organisasi komunitas, dan kamar dagang. 

Bersikaplah strategis tentang koneksi dan acara relasi yang dihadiri. Pastikan Anda memiliki sesuatu yang berarti untuk dikontribusikan dalam diskusi. 

Jangan hanya mengatakan sedang mencari pekerjaan, jika membuat satu atau dua hubungan yang bermakna di setiap acara, itu akan terjadi dengan aliran percakapan yang alami.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tetapkan Jadwal dan Tetap Teratur

Tentukan berapa banyak waktu dalam seminggu yang ingin Anda habiskan untuk mencari pekerjaan dan kemudian berkomitmenlah untuk itu. Blokir waktu di kalender dan kemudian gunakan spreadsheet untuk tetap teratur dengan upaya pencarian kerja. 

Anda dapat memasukkan hal-hal seperti kata kunci dan jabatan pekerjaan yang sering dicari. Dapat pula melacak pekerjaan yang telah dilamar dan langkah selanjutnya untuk tindak lanjut. Ini akan membantu menghemat waktu, karena semua informasi akan ada di satu tempat yang sama.

4. Baca Deskripsi Pekerjaan Dengan Hati-hati

Setelah menemukan pekerjaan yang diinginkan, pastikan untuk membaca deskripsi pekerjaan dan instruksinya dengan cermat. Apakah mereka ingin Anda mengirimkan resume melalui portal online, atau menginginkan PDF resume, atau menginginkan surat lamaran atau video bio, bisa juga melalui aplikasi ke alamat email tertentu.

Kegagalan mengikuti arahan mereka dapat menyebabkan aplikasi Anda ditolak. Maka perhatikan betul apa yang diinginkan perusahaan agar tidak melakukan kesalahan.

5. Perbarui Saluran Tanda Tangan dan Pesan Suara

Ini tampak seperti detail kecil, tetapi dapat memberi kesan positif pada manajer perekrutan. Pastikan informasi kontak Anda disertakan dalam baris tanda tangan, bersama dengan tautan ke profil LinkedIn Anda. 

Pesan suara juga penting dan harus terdengar ceria, profesional, dan percaya diri. Perbedaan halus antara nada suara, kecepatan, dan ucapan dapat mengubah cara Anda tampil bahkan dalam pesan suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.