Sukses

CEO KLY Steve Christian Berbagi Tips agar Media Bisa Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

KLY menjadikan tantangan sebagai peluang baru. KLY kerap kali melakukan kolaborasi dengan para content creator maupun influencer.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor terdampak, tak terkecuali industri media. Beberapa media bahkan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena tidak bisa bertahan di kondisi sulit ini.

Jaringan media online terbesar se-Indonesia, KapanLagi Youniverse (KLY) juga merasakan berbagai dampak dari pandemi Covid-19 ini. CEO KapanLagi Youniverse (KLY) Steve Christian mengakui, pada awal Covid-19 melanda, pendapatan KLY sempat turun hingga 40 persen.

"Pada bulan Maret-April saya khawatir, kalau pendapatan terus turun, maka akan ada ratusan keluarga yang terdampak. Saya tidak mau hal ini terjadi. Akhirnya saya bilang ke tim, bagaimana caranya mencari penghasilan atau keuntungan agar tidak ada satu pun karyawan yang di-PHK," kata Steve dalam acara Indonesia Digital Conference 2020 yang diselenggarakan oleh AMSI, Rabu (16/12/2020).

Steve mengatakan, penurunan pendapatan tersebut dikarenakan ada banyak sekali event atau peliputan yang ditunda maupun dibatalkan. Misalnya di bidang olahraga. Seperti yang diketahui, hampir seluruh pertandingan olahraga dibatalkan. Terlebih lagi, negara-negara di dunia menerapkan kebijakan lockdown.

"Bidang olahraga sangat terpukul akibat pandemi Covid-19 ini. Kami bahkan sempat tidak mendapatkan penghasilan di bidang olahraga. Padahal, pengeluaran terbesar perusahaan itu di human resources (untuk gaji karyawan). Ini yang saya khawatirkan," kata Steve.

Meskipun sempat mengalami penurunan pendapatan, pada akhirnya KLY berusaha keras agar tidak jatuh. Kekhawatiran Steve pun akhirnya bisa diatasi dengan kerja keras seluruh tim KLY. Di bulan April, berbagai ide dan inovasi baru dilakukan agar tidak ada satu pun karyawan yang di-PHK. Bahkan kata Steve, pandemi Covid-19 ini pada akhirnya memberikan dampak yang positif bagi media online seperti KLY.

Menurutnya, kunci utama agar bisa bangkit dan bisa bertahan di kondisi sulit ini yaitu adaptasi. Setiap media mau tidak mau harus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Saat ini, kata Steve, banyak sekali content creator baru yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan followers. Hal ini sebenarnya merupakan tantangan bagi berbagai media termasuk KLY.

KLY pun menjadikan tantangan tersebut sebagai peluang baru. KLY kerap kali melakukan kolaborasi dengan para content creator maupun influencer.

"Karena semua orang di rumah saja, jadi banyak muncul content creator baru. Nah saingan kita bukan hanya dengan media saja, namun juga dengan ribuan content creator ini. Saya tidak bilang hal ini buruk, ini hal yang baik," tambahnya.

Jumlah konten video di KLY pun meningkat drastis. Sebab, kata Steve, konten yang paling banyak menghasilkan keuntungan, yaitu konten video. Seluruh anak media KLY pun dengan gencar melakukan video live di media sosial, seperti instagram dan youtube. Bukan hanya itu, kerap kali diadakan webin aratau festival secara online.

"Kami pun melihat keuntungan di video. Para pengiklan mau mengiklankan produk atau layanannya dalam setiap tayangan video. Kita juga kerjasama dengan influencer," ujarnya.

"Tahun 2019, kami hanya melakukan video live sebanyak 20 kali, namun tahun 2020 ini kita live 200 kali. Naik 10 kali lipat," imbuhnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Traffic

Selain itu, tantangan lainnya yang dihadapi media online yaitu terkait traffic. Dia melihat, masyarakat saat ini menjadikan media sebagai wadah untuk memverifikasi suatu isu. Sebab, mereka sudah mengetahui isu itu sebelumnya. Seperti yang diketahui, saat ini setiap orang bisa mengunggah konten apapun di medsosnya masing-masing. Citizen journalist pun semakin marak.

"Mungkin dulu, orang-orang akan searching apa yang tidak mereka ketahui, tapi sekarang, mereka searching hal yang sudah mereka ketahui. Jadi kita ini menjadi verification company," kata Steve.

Menurutnya saat ini, headline yang click-bait sudah tidak terlalu berpengaruh terhadap peningkatan traffic, karena para pembaca sudah mengetahui lebih dulu isi dari artikel tersebut. Sehingga, kata Stevel, waktulah yang berpengaruh.

"Setiap orang sekarang langsung searching setiap ada isu atau kejadian apapun," tutup Steve.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.