Sukses

Simak Berbagai Kondisi saat Haruskan Punya Asuransi Jiwa

Keadaan ini mengharuskan Anda memiliki asuransi untuk kehidupan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berpikir asuransi jiwa hanya untuk orang kaya, itu salah besar. Asuransi jiwa sangat penting karena melindungi orang yang bergantung secara finansial, jika meninggal.

Perusahaan asuransi akan membayar satu atau lebih penerima manfaat segera setelah meninggal sehingga mereka dapat membayar biaya dan mengganti pendapatan yang hilang.

Salah satu alasan utama orang yang tidak berlangganan asuransi jiwa adalah karena mereka pikir mereka tidak mampu membelinya.

Melansir dari laman Lifehack, berikut beberapa contoh dalam hidup saatnya Anda harus memiliki asuransi jiwa.

1. Pencari nafkah

Jika Anda satu-satunya orang yang menghasilkan uang untuk menghidupi rumah tangga, asuransi jiwa harus dimiliki. 

Pikirkan tentang apa yang akan terjadi pada pasangan atau anak jika Anda sudah meninggal dunia. Asuransi jiwa sangat penting untuk kehidupan jangka panjang nantinya.

2. Memiliki utang

Jika memiliki utang atas nama Anda, tidak ada yang bertanggung jawab untuk membayarnya kecuali diri sendiri, bahkan setelah meninggal.

Uang dalam harta milik harus digunakan untuk melunasi utang. Siapapun yang disebutkan dalam rekening bersama akan bertanggung jawab atas 100 persen utang jika Anda meninggal. Jadi memiliki asuransi jiwa untuk menutupi utang pada rekening bersama sangatlah penting.

3. Merawat orang tua yang lanjut usia

Jika lajang dan memiliki orang tua yang bergantung secara finansial, tentu memerlukan kebijakan kehidupan untuk menjaga mereka tetap aman jika Anda tidak mampu berada di sekitar untuk merawat mereka.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ingin anak-anak berkuliah

Biaya pendidikan tinggi meningkat setiap tahun dan hanya sedikit siswa yang dapat lulus dari perguruan tinggi tanpa harus berhutang. 

Jika Anda ingin membayar sekolah swasta atau pendidikan perguruan tinggi anak, asuransi jiwa adalah cara yang tepat untuk memastikan hal itu dapat terjadi, bahkan jika Anda sudah tiada.

5. Ingin menyerahkan uang tunai kepada ahli waris

Jika memiliki banyak ahli waris, meninggalkan uang tunai dari tunjangan asuransi jiwa, alih-alih aset seperti rumah atau mobil adalah cara mudah untuk mendistribusikan kekayaan dalam proporsi yang diinginkan. 

Misalnya, jika dua anak mewarisi rumah yang dibayar, yang satu mungkin ingin menyimpannya sebagai rumah peristirahatan. Namun yang lain mungkin perlu menjualnya karena tidak mampu membayar pajak tahunan dan asuransi.

6. Tidak ingin ahli waris membayar pajak dan biaya kekayaan

Jika Anda memiliki perkebunan besar, akan ada pajak, serta biaya hukum dan administrasi yang harus dibayar. Kadang-kadang ahli waris terpaksa menjual aset real untuk membayar biaya ini. 

Anda dapat menggunakan asuransi jiwa sebagai alat perencanaan warisan untuk mendanai kewajiban harta warisan dan memastikan bahwa ahli waris menerima apa yang Anda inginkan.

 

3 dari 3 halaman

7. Memiliki anggota keluarga dengan kebutuhan khusus

Jika memiliki anak atau anggota keluarga lain dengan kebutuhan khusus, Anda mungkin memerlukan asuransi jiwa permanen. Ini adalah jenis polis yang melindungi hidup kapan pun Anda meninggal dan memiliki komponen tabungan, selain tunjangan kematian.

8. Ingin biaya pemakaman ditanggung

Pemakaman tradisional yang mencakup penguburan bisa menghabiskan biaya yang sangat banyak. Pertimbangkan pemakaman seperti apa yang Anda inginkan dan apakah keluarga mampu membelinya jika tidak memiliki asuransi jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.