Sukses

Sempat Terbakar, Pertamina Tutup Sementara SPBU MT Haryono Jakarta Selatan

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) membenarkan telah terjadi kebakaran di dekat area pengisian SPBU 31.12802 MT Haryono, Jakarta Selatan pada Selasa 1 Desember 2020 sekitar pukul 11.35 WIB.

“Sudah berhasil ditangani dalam waktu kurang dari 10 menit dan situasi sudah berangsur kondusif. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, kepada Liputan6.com, Selasa (1/12/2020).

Ia menjelaskan, insiden sudah dapat tertangani berkat kesigapan operator SPBU yang bahu membahu memadamkan percikan api.

“Pararel menunggu hasil investigasi dan dengan alasan keselamatan, saat Ini operasional SPBU dihentikan sementara,” ujarnya.

"Dengan demikian Pertamina memberikan alternatif SPBU terdekat yaitu SPBU 34.12806 di Jalan Dr. Soepomo dan SPBU 34.12902 Jalan Gatot Subroto," kata Fajriyah.

Adapun sebelumnya Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan di Jakarta, mengatakan terdapat mobil tangki di SPBU yang terbakar, namun api langsung dipadamkan dengan alat pemadam api ringan yang ada.

2 dari 3 halaman

Truk Tangki Terbakar di SPBU Pertamina MT Haryono Jakarta Selatan

Sebelumnya, sebuah truk tangki terbakar hingga terdengar suara dentuman di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero) di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa siang.

"Iya mobil tangki di SPBU, tapi alhamdulillah bisa langsung dipadamkan dengan alat pemadam api ringan yang ada," ujar Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan dikutip dari Antara, Selasa (1/12/2020). 

Lokasi kejadian berada tepat di seberang Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Selatan sehingga peristiwa itu langsung diketahui pihaknya.

Budi mengatakan sempat tampak api berkobar dari dalam SPBU, namun segera dipadamkan petugas terkait.

Sebelumnya warga di sekitar SPBU mendengar suara dentuman sesaat sebelum terjadi kebakaran.

"11.45 WIB saya mendengar sekali ledakan saat melintasi area SPBU 31.128.02," kata warga Rino.

Kejadian tersebut sempat dilaporkan oleh pemilik akun media sosial "@lensapusat71" sekitar pukul 12.00 WIB.

Tampak unggahan video berdurasi 1 menit memperlihatkan kepulan asap hitam dari lingkungan SPBU.

"Informasi kejadian kebakaran wilayah Jakarta Selatan di pom bensin depan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan. Jalan MT Haryono RT003 RW003 Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: