Sukses

Cerita Haru Menkeu Sri Mulyani, 2 Kali Wisuda Tanpa Dihadiri Orang Tua

Sri Mulyani mengajak semua orang untuk menceritakan momen wisudanya untuk menginspirasi yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan momen ketika dirinya wisuda. Dua kali dirinya wisuda tanpa dihadiri oleh orang tuanya. Padahal seharusnya momen wisuda merupakan saat bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk berbagi kebahagiaan dengan orang tua.

Cerita Sri Mulyani ini bukan tanpa sebab. Ia bercerita untuk memberikan semangat kepada mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan upacara wisuda secara daring pada tahun ajaran ini akibat pandemi Covid-19.

Peraih gelar Menteri Keuangan terbaik di Asia Timur dan Pasifik ini pun mengajak semua orang untuk menceritakan momen wisudanya untuk menginspirasi yang lain.

Lengkapnya, berikut ini cerita wisuda Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Minggu (22/11/20):

 

Cerita Wisuda

Akibat pandemi Covid-19, semua sekolah dan perguruan tinggi harus melakukan upacara wisuda secara daring. Momen wisuda yang seharusnya menjadi puncak bahagia bagi mahasiswa dan orang tua/keluarga untuk merayakan dan mensyukuri keberhasilan menyelesaikan masa belajar/kuliah menjadi kurang sempurna akibat Covid-19.

Agustus 1986 - sewaktu wisuda Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, orang tua saya tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Tentu membuat kebahagiaan wisuda menjadi tidak sempurna. Meski saya beruntung dapat foto dengan Menteri Pendidikan Fuad Hasan waktu itu.

Kembali tahun 1992 - saat menyelesaikan program doktor (S3) ekonomi, wisuda saya di University of Illinois - Urbana Champaign Amerika Serikat tidak dihadiri orang tua karena ketiadaan biaya, namun alhamdulillah dihadiri suami dan putri kecilku.

Dalam hidup, sering kita tidak mendapatkan hal yang kita inginkan. Namun kita selalu punya pilihan. Mau larut kecewa dan terus tidak mampu bersyukur. Atau tetap positif dan bersyukur, dan terus menjalankan hidup dengan ikhlas dan sabar.

Ceritakan momen wisudamu, untuk menginspirasi yang lain.

Jakarta 21/11/2020.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Netizen

Netizen pun langsung menanggapi unggahan Sri Mulyani di akun instagram tersebut. Beberapa menceritakan pengalamannya untuk memilih tidak ikut wisuda di tengah pandemi ini.

Contohnya akun @aicoffeegayoaceh yang memili untuk tidak ikut wisuda S2. Menurutnya, yang penting lulus.

"ibu, ai pilih ngga ikut wisuda utk S2 kali ini. soalnya klo offline hrs di swab dulu. klo wisuda online ribet harus pakai toga meskipun di rmh masing2. gpp deh bu... udah lulus aja udh bahagia koq. kan udh pernah wisuda waktu S1. nanti lagi insyaallah ikutan wisuda utk S3 kapan2... doakan ya ibu," tulisnya.

Sedangkan akun @wawinsafari mendoakan agar pandemi segera cepat berakhir. "Iyaa betul buk....momen2 penting wisuda jd ngga trasa gara2 pandemi....hikss smoga pandemi virus covid-19 ini cpt ilang yaa Allah aamiin yra...," tulis dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.