Sukses

10 Tips Bangun Loyalitas Klien

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan klien baru jauh lebih mahal daripada mempertahankan yang sudah ada. Oleh karena itu jauh lebih bermanfaat untuk membangun loyalitas diantara klien saat ini daripada memulai dari awal lagi untuk membuat yang baru.

Tentunya klien yang puas dengan pekerjaan dan sikap freelancer tidak akan ragu untuk mempekerjakan mereka lagi dan lagi. Penting untuk tidak pernah mengecewakan klien yang sudah dimiliki sejak lama, pertahankan pelanggan dan ciptakan loyalitas merek.

Tidak dipungkiri perlu diingat bahwa pelanggan atau klien adalah kunci dari kesuksesan bisnis yang dimiliki.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Selasa (27/10/2020) berikut 10 tips untuk membangun loyalitas kepada klien 

1.     Menjamin kualitas pekerjaan dalam tenggat waktu yang disepakati

Klien yang puas, maka akan kembali. Kalimat ini menjadi premis utama yang mendasarinya. Dengan ada banyak atau sedikit sumber daya yang dimiliki, maka tetap harus mengikuti tenggat waktu yang sudah ditentukan oleh kedua belah pihak.

2.     Tunjukkan semangat dan komitmen

Sebarkan energi positif kepada pekerja dan klien yang sudah mempercayai Anda, agar kerja pun terasa lebih menyenangkan. Klien tidak mengharapkan apapun selain melihat seorang profesional yang terlibat dalam pekerjaan mereka, berdedikasi dan berkomitmen pada proyek.

3.     Jujur

Klien menghargai kejujuran, oleh karena itu jangan membuat janji yang tidak dapat ditepati. Selalu jujur dan jangan ragu untuk mengatakan tidak jika sesuatu tidak dapat dicapai. Hal yang terbaik adalah menjelaskan sejak awal untuk menghindari salah paham atau hasil yang jauh dari diharapkan.

2 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

4.     Gunakan keterampilan mendengar

Bangunlah komunikasi dua arah yang baik dan lancar, karena dapat menjadi kunci agar klien merasa didengarkan dan freelancer menyadari kebutuhan dan harapan mereka.

5.     Bersikap profesional

Klien akan mencari mitra yang serius dan kompeten. Terapkan pengetahuan dengan bijak, kelola diri sendiri dengan rasah hormat dan keramaham, konsisten, hormati kondisi yang disepakati, sesuaikan dengan jadwal klien dan bidik keunggulan dalam pekerjaan.

6.     Menghasilkan nilai tambah

Klien akan menghargai jika memiliki freelancer yang bersedia melangkah lebih jauh dari yang dilakukan. Berikan saran dan masukkan untuk pekerjaan yang dilakukan kepada klien Anda agar klien menganggap Anda serius untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.

3 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

7.     Bersikap proaktif

Jangan pernah menunggu klien memberitahu Anda apa yang harus dilakukan di setiap langkah selanjutnya. Bersikaplah proaktif dan jangan ragu untuk selalu bertanya terlebih dahulu. Klien telah mempekerjakan seorang profesional yang harus mengetahui bagaimana melakukan pekerjaan mereka dan memberikan yang terbaik untuk klien Anda.

8.     Membina hubungan interpersonal

Perlakukan klien seperti Anda ingin diperlakukan dengan baik. Jagalah selalu hubungan berdasarkan rasa hormat. Raih kepercayaan klien dan tunjukkan keahlian profesional Anda.

9.     Jawab email

Karena hampir semua pekerjaan dikerjakan dari jarak jauh sehingga Anda sebagai freelancer harus selalu untuk mengecek email agar tidak terlewatkan pesan yang diberikan oleh klien. Selain itu lebih baik untuk langsung menjawab email yang ada agar tidak terlupakan.

10.  Tetap berhubungan dengan klien sebelumnya

Selalu baik untuk tetap berhubungan dengan siapapun termasuk dengan klien sebelumnya. Beri tahu mereka tentang situasi kerja dan proyek saat ini karena dapat menjadi salah satu cara untuk hadir dan mengingatkan mereka bahwa Anda masih ada.

Mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan klien yang baru, jadi perhatikan klien yang lama, tumbuhkan kepercayaan, bangun komunikasi yang baik dan tunjukkan nilai pekerjaan.

 

Reporter: Tasya Stevany