Sukses

Prospek Lulusan D3 PEP Bandung di Industri Pertambangan

Liputan6.com, Bandung Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung merupakan Pendidikan vokasi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Didirikan untuk menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia vokasi di sektor ESDM yang link and match dengan kebutuhan industri.

Hasil eksplorasi mineral dan batubara selama ini dimanfaatkan sebagai basis pengembangan dalam industri pertambangan, namun yang lebih penting harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui pendidikan untuk kemajuan bangsa.

Dalam industri pertambangan, lulusan vokasi D3 baik Teknologi Geologi, Teknologi Pertambangan maupun Teknologi Metalurgi mempunyai fungsi dan peran yaitu sebagai group leader di beberapa division di perusahaan tambang dari geologi, pertambangan hingga ke metalurgi hingga merambah dalam bidang safety (SHE Division).

Lulusan PEP Bandung nantinya akan diprospek untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang cepat namun tetap menerapkan best practice pertambangan dengan teknologi terbaru.

Di PEP Bandung juga mahasiswa akan dibekali kematangan leadership seperti emosi, komunikasi dan memimpin subordinat dengan harapan lulusannya selain memiliki skill dan kemampuan yang dibutuhkan industri, diharapkan juga bisa cepat beradaptasi terhadap kondisi lapangan yang dinamis dan penuh tantangan serta dapat berfikir kritis, kreatif, inovatif dan bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Hal ini penting karena dalam realnya di industri pertambangan, tidak hanya membutuhkan tenaga SDM yang mempunyai keahlian dan kompeten di bidangnya secara teknikal, namum juga sebagai entry leader yang harus mampu managing self, managing job, dan managing team.

 

(*)