Sukses

Daftar Pejabat KKP yang Terpapar Covid-19, Ada Menteri hingga Dirjen

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak memilih ketika menyerang. Sejak masuk ke Indonesia Maret 2020 lalu, sejumlah pejabat pemerintahan terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Beberapa waktu lalu, Menteri KKP Edhy Prabowo dikabarkan positif Covid-19. Eselon I yang ikut mendampingi Menteri Edhy juga turut terpapar. Bahkan, salah satu dari mereka meninggal dunia setelah berjuang melawan virus.

Mengutip catatan Liputan6.com, berikut ialah daftar para pejabat KKP yang terpapar virus Covid-19:

1. Menteri KKP Edhy Prabowo

Beberapa waktu lalu, Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19.

Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020.

"Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Hingga saat ini, kondisi Menteri Edhy dikabarkan sudah semakin sehat. Karo Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo mengabarkan, Edhy Prabowo saat ini telah pulih, sehingga sudah tidak menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

"Beliau sehat, sudah berkegiatan di rumah. Sudah pulang (dari RSPAD) dari minggu lalu. Doakan semoga beliau bisa berkegiatan lagi dengan baik," ujar Agung dalam sambungan telepon kepada Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

2. Dirjen PRL Aryo Hanggono

Pada 28 September 2020, Direktur Jenderal Penataan Ruang Laut (PRL) KKP Aryo Hanggono meninggal dunia diduga akibat Covid-19. Aryo terpapar oleh penyakit Covid-19 setelah kunjungan kerja rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke sejumlah daerah, terakhir dari Kalimantan Timur.

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim tersebut, Aryo Hanggono mengikuti sejumlah acara bersama-sama Menteri Edhy, antara lain dalam acara pelepasan tukik di Maratua, salah satu pulau kecil terluar di wilayah Kaltim.

Rombongan Menteri Edhy, yang termasuk Dirjen PRL Aryo Hanggono, berada di sana pada beberapa hari pada awal pekan pertama bulan September 2020.

"Mohon dimaafkan apabila beliau dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu terdapat kekurangan dan kekhilafan," kata Agung dalam grup WA di Jakarta, Senin pagi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pejabat Lain

3. Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto

Hari ini, Selasa (29/9/2020), Kementerian KKP kembali mengabarkan adanya kasus positif baru kepada 2 pejabat eselon I, salah satunya Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto.

"Kami dapat informasi dari Satgas Covid-19 KKP, Dirjen Perikanan Budidaya (positif corona). Tapi dia statusnya OTG, jadi sedang isolasi mandiri," kata Agung Tri Prasetyo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

4. Dirjen PDSPKP KKP Artati Widiarti

Pejabat eselon I lainnya yang terpapar Covid-19 ialah Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti.

"Benar, Dirjen PDSPKP Bu Artati sudah terdampak sejak 8 September (2020). Setelah dilakukan berbagai tes dia masih terindikasi positif. Jadi sekarang masih dirawat," ujar dia.

Sebelumnya, beredar pesan berantai yang menyebutkan Artati positif Covid-19 sejak hasil test swabnya keluar pada 8 September lalu. Agung menyatakan, saat ini Artati sedang dalam perawatan intensif.

"Kalau lihat WA (pesan berantai WhatsApp) tersebut, beliau diketahui positif (Covid-19) tanggal 8 September, perawatan, isolasi mandiri, terdeteksi positif lagi 24 September dan dalam perawatan," ujar Agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.