Sukses

Bisnis di Ambang Kegagalan? Ikuti Dulu Beberapa Saran Ini

Liputan6.com, Jakarta Memulai atau menjalankan sebuah bisnis tentunya memiliki risiko yang akan dihadapi. Namun jika risiko yang dihadapi bisa dijalankan maka bisnis tersebut masih tetap bisa berjalan. Tetapi jika sebaliknya maka akan menyebabkan kegagalan.

Risiko yang dihadapi pun dari berbagai macam aspek seperti model bisnis, pengembangan produk, keuangan, layanan pelanggan, tim sendiri, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang yakin dibalik banyaknya risiko yang dihadapi tentunya memiliki peluang atau cara untuk meghadapinya. Dengan berpikir secara jernih dan santai pastinya semua masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Mengutip dari freemalaysiatoday, Jumat (18/9/2020) berikut 6 tips untuk meningkatkan peluang bisnis menjadi sukses yang tentunya bisa Anda ikuti:

1. Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis

Visi adalah arahan untuk menentukan akan dibawa ke mana perusahaan Anda. Memiliki visi secara keseluruhan dan jelas penting untuk segala jenis usaha.

Uraikan visi yang perusahaan Anda miliki menjadi tujuan kecil, terukur, dapat dicapai dan realistis sehingga lebih mudah untuk ditangani.

Tetapkan tujuan yang realistis dan cobalah untuk mencapainya secara konsisten dengan membangun kebiasaan dan sistem yang kuat sejak awal dalam bisnis Anda.

2. Mintalah bantuan dari pihak lain

Memiliki tanggungjawab yang penuh dari setiap aspek bisnis akan menyebabkan masalah yang serius. Lakukan pemeriksaan kompetensi inti pada keterampilan seseorang dan kebutuhan bisnis Anda, sehingga dapat membantu individu untuk berpegang pada kekuatan mereka dan menjalankan tugas lain secara efisien.

Bangunlah sebuah tim yang beragam terdiri dari orang yang memiliki keahlian yang diperlukan untuk bisnis Anda agar bisa tetap berjalan.

 

 

2 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

3. Pelajari tentang laporan keuangan

Penting untuk Anda mengetahui dan membaca laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas. Pelajarilah mengenai hal tersebut melalui webinar atau datang ke jasa akuntansi.

4. Ikuti tren pasar yang jadi sasaran

Pasar tidak dapat dikendalikan, namun individu dapat terus mengikuti tren terbaru yang dapat membantu bisnis tetap bertahan. Secara teratur periksalah lingkungan internal dan eksternal perusahaan Anda melalui analisis SWOT.

5. Bangun pasar

Identifikasi target pasar terlebih dahulu sebelum mengembangkan produk. Dengan menulis profil tentang target pelanggan tertentu.

Lebih mudah lagi jika Anda dapat berbicara langsung dengan calon pelanggan dan mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan.

Ekspansi ke lini produk dan sektor industri yang baru dapat mengurangi kekuatan dan menyebabkan kegagalan.

Ketika anggaran dan tenaga kerja masih terbatas, mencurahkan tenaga dan uang untuk produk dan basis pelanggan mungkin merupakan Langkah yang lebih cerdas.

6. Membuat identitas bisnis 

Ini bisa dilakukan dengan mempromosikan bisnis dalam bentuk nyata. Bisa berupa alamat fisik atau alamat website, agar konsumen dapat mengetahuinya.

 Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: