Sukses

PT SMI Dapat Pinjaman dari Bank Asing Senilai Rp 10,26 Triliun

Pinjaman untuk PT SMI diberikan antara lain oleh MUFG Bank Ltd dan United Overseas Bank (UOB).

Liputan6.com, Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) menandatangani Perjanjian Pinjaman Sindikasi offshore terbesar senilai USD 700 juta atau Rp 10,26 triliun. Pinjaman ini dari mitra perbankan asing, yakni MUFG Bank Ltd, United Overseas Bank (UOB), Standard Chartered Bank, Bank of China (Hong Kong), dan Bank Chinatrust (CTBC Bank).

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras ini, sehingga bisa sukses, minimal bisa untuk kepastian likuiditas SMI sampai tahun depan yang paling penting, saya rasa likuiditas pada saat ini merupakan hal paling kritikal, karena kita tahu bersama sedang menghadapi krisis, dampaknya kita harus sedia payung untuk menghadapi likuiditas khususnya terkait aset,” kata Direktur Utama PT SMI (Persero) Edwin Syahruzad, dalam sambutannya, di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Perjanjian ini menjadi sinyal bahwa sektor pembangunan infrastruktur memiliki daya tahan atau resilience, sehingga akan terus menjadi sektor strategis di tanah air, meskipun di tengah ancaman resesi ekonomi.

Pihaknya berharap, keberlanjutan pembangunan infrastruktur dapat menjadi pemicu untuk membangun kembali perekonomian pada fase recovery dari pandemi.

Ia menjelaskan, target awal pinjaman adalah sebesar USD 500 juta dengan opsi greenshoe sebesar USD 200 juta. Namun permintaan yang tinggi, PT SMI berhasil mendapatkan total pinjaman sindikasi senilai USD 700 juta, meskipun di tengah kondisi pelemahan ekonomi karena pandemi COVID-19.

Adapun rencana penggunaan dana pinjaman sindikasi ini adalah untuk refinancing dan memenuhi kebutuhan pembiayaan baru, yang diperuntukkan bagi pembangunan proyek-proyek infrastruktur, sehingga struktur asset liability management perusahaan akan menjadi lebih baik dan sehat.

“Berbagai proyek yang telah difasilitasi PT SMI dari berbagai sektor telah memberikan efek pengganda (multiplier effect) yang besar. Hingga Juli 2020, PT SMI mampu memberikan efek pengganda hingga 6,79 kali dari total komitmen dan 22,22 kali dari modal disetor,” katanya.

Lanjut Edwin, nantinya fasilitas senilai USD 700 juta ini akan ditarik secara parsial, tidak semuanya ditarik di depan, di mana penarikan pertama untuk pelunasan dari fasilitas bridging loan itu sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditarik Sesuai Kebutuhan

Edwin menyatakan saat ini PT SMI mendapatkan fasilitas bridging sementara, oleh karena itu akan digunakan untuk melunasi fasilitas bridging loan yang akan jatuh tempo tahun depan sebesar USD 410 juta, yang akan ditarik secara segera.

“Dengan demikian kita punya fasilitas USD 410 juta dengan tenor 3 tahun. Sisanya akan ditarik secara bertahap sesuai kebutuhan, availability period-nya akan ditarik yang USD 700 juta dikurangi USD 410 juta, itu akan available buat kami sepanjang 1 tahun,” jelasnya.

Kendati begitu, Edwin menyampaikan kondisi PT SMI cukup solid, meskipun aset SMI belum seberapa. Mungkin saat ini aset PT SMI ada di kisaran Rp 80 triliun, tapi secara quality dirinya memastikan masih terjaga, lantaran NPL Gross-nya berada di kisaran 1,39 persen.

“Sedikit naik dibanding akhir tahun kemarin, tapi kita punya cukup tabungan. Tabungan awal tahun kemarin kita adopsi, ini ajang yang bagus untuk sedia payung menyiapkan tabungan secara disiplin,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.