Sukses

4 Skill yang Wajib Dimiliki Pegawai Perusahaan Startup

Keterampilan untuk dapat bekerja dengan mandiri adalah salah satu hal yang harus dimiliki Anda yang bekerja di perusahaan startup

Liputan6.com, Jakarta Jika posisi Anda baru dalam menjadi seorang karyawan startup dan masih bingung keterampilan apa yang harus dimiliki, maka jawaban yang tepatnya adalah belajar mandiri.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Minggu (13/9/2020) startup memiliki dua kualitas yang membedakan mereka dengan organisasi lain yakni pertama, startup bergerak ke arah yang berbeda dan tidak dapat diprediksi. Kedua, startup bergerak sangatlah cepat.

Beberapa orang menyukai tantangan tersebut, namun banyak orang juga yang menganggapnya menakutkan, membuat frustasi, melelahkan dan juga membebani.

Kecepatan dan kekacauan sebauh startup menuntut karyawannya untuk terus memiliki keterampilan baru, selalu belajar dan beradaptasi.

Ada dua keuntungan bekerja dengan orang yang bisa belajar hal-hal baru dengan cepat yakni mereka bisa bekerja secara mandiri, sehingga mereka bisa bekerja dari jarak jauh. Selain itu, di perusahaan besar, individu sering kali melebihi perusahaan. Jadi Anda bisa untuk mencari peluang peningkatan karir.

Namun pada startup sering kali melebih individu, karena sedikit orang yang ingin mengubah diri mereka sendiri. Tatapi orang yang dapat belajar dengan cepat, mandiri dapat tumbuh bersama perusahaannya.

Ternyata belajar mandiri bukanlah suatu ketermpilan, namun cara hidup yang menggabungkan beberapa keterampilan memulai dan pola pikir. Pola pikir pertama adalah Anda tidak begitu mengetahui dan perlu berkembang dan meningkat.

Setelah itu, ada beberapa keterampilan yang sangat nyata berkontribusi pada praktik belajar mandiri yakni:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterampilan yang harus dimiliki

1. Kecerdasan

Dimana kemampuan untuk memikirkan sesuatu tanpa perlu meminta bantuan. Pembelajar mandiri lebih suka memulai perjalanan belajar mereka di tempat lain. Seperti melalui google di mana dapat membaca, mengamati, belajar dan menyerap.

2. Keterbukaan terhadap umpan balik

Pembelajaran mandiri tidak hanya mendengarkan masukan dan menerapkannya, mereka juga secara aktif mencarinya. Umpan balik adalah hadiah, Ketika Anda mendapatkannya maka ucapkan terima kasih.

Orang yang meminta umpan balik akan mendapatkan kepercayaan dengan sangat cepat dan skill yang dimiliki akan meningkat lebih cepat daripada rekan mereka.   

3. Kegigihan

Terkadang untuk meningkatkan diri Anda harus melawan ketakutan. Tetapi Anda harus berani melakukan dan melawan ketakutan untuk menjadi lebih baik. Anda harus bisa keluar dari zona nyaman karena dari sanalah pembelajaran terjadi.

Anda harus mempelajari teori dan mempraktikkannya. Kemungkinan besar pada awalnya Anda akan gagal, tetapi kemudian Anda mencoba lagi. 

4. Orang yang mandiri

Orang-orang di perusahaan Anda yang memiliki keterampilan atau sangat ingin mendapatkannya, maka jarang akan dikalahkan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.