Sukses

GoToko, Upaya Gojek Bantu Warung Kelontong Go Digital

GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Gojek meluncurkan GoToko. Platform digital B2B dengan layanan hulu ke hilir ini akan menghubungkan para pelaku usaha warung kelontong, yang selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan dengan produsen barang kemasan ternama.

CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon mengatakan, peluncuran GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna, dan di saat yang sama menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi lebih banyak pemangku kepentingan.

“Sebagai penggerak perekonomian, 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80 persen dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80 persen atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani,” kata Gurnoor, di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Oleh karena itu, agar mereka dapat berkembang, para pelaku UMKM ini perlu mendapat dukungan layanan yang memadai, meskipun lokasi warung sulit dijangkau dan cakupan usaha kecil.

Kata Gurnoor, pelaku usaha warung kelontong selama ini menghadapi sejumlah tantangan karena terbatasnya ragam produk yang mereka tawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, dan kurangnya layanan pengiriman barang yang handal dan hemat biaya.

Sehingga mereka masih melakukan penyetokan secara manual yang mengharuskan mereka menutup warung dan mengunjungi berbagai agen distributor, melunasi pembayaran yang sebagian besar secara tunai, hingga mengatur pengiriman sendiri.

“Solusi teknologi Gojek yang inklusif dan komprehensif memperkuat posisi GoToko untuk menjadi platform terbaik bagi para pengusaha warung dalam memenuhi kebutuhan untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” jelasnya.

Layanan logistik Gojek yang andal ini hadir untuk memastikan pengiriman secara tepat waktu. Melalui solusi middle mile, pergudangan, dan last mile, produk akan sampai di warung kelontong maksimal satu hari berikutnya dengan layanan pengiriman next day dan same-day.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistim Pembayaran

Sementara itu Head of Logistics Gojek Group Junaidi, mengatakan sistem pembayaran cash on delivery dari Gojek, pelaku usaha warung akan mengoptimalkan biaya operasional, kini dapat menghemat biaya, waktu, dan kerumitan yang sebelumnya dihadapi saat berbelanja secara manual.

Selain memudahkan dalam pemesanan barang, GoToko mendorong produktivitas pengusaha warung melalui fitur-fitur pemantauan riwayat pesanan, pelacakan pengiriman barang pesanan, inventory management, akses data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

Serta akses ke program promosi dan loyalty dari merek produk pun semakin terbuka melalui platform GoToko. Adapun GoToko dapat diunduh melalui Google Play Store. Informasi terkini tentang GoToko dapat diperoleh di gotoko.co.id.

“Ke depannya, GoToko akan terus menyempurnakan inovasi teknologi untuk dapat membuka pintu bagi pengusaha warung untuk meningkatkan peluang pendapatan tambahan dengan memanfaatkan produk, layanan, dan anggota Gojek lainnya,” pungkas Junaidi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

Video Terkini