Sukses

Jelang Lebaran, Perjalanan Pakai Ojol Meningkat Sampai 5 Kali Lipat

Perjalanan menggunakan ojek dan taksi online meningkat jelang Lebaran, Gojek pun meningkatkan keamanan di aplikasinya agar pengguna merasa tetap aman saat memakai layanan ride hailing Gojek.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari. Momen tersebut sudah ditunggu-tunggu karena biasanya umat Muslim merayakan Hari Kemenangan bersama keluarga tercinta, baik itu di kampung halaman maupun di rumah saudara di kota lainnya.

Tentunya kita tahu kalau banyak orang bermobilitas menjelang momen libur Lebaran Idul Fitri.

Bahkan, data internal dari Gojek menunjukkan kalau saking tingginya mobilitas, pada periode jelang Lebaran 2023 terjadi peningkatan tren perjalanan masyarakat hingga lima kali lipat menuju area transportasi publik.

Uniknya, peningkatan tren perjalanan masyarakat hingga berkali lipat ini dilakukan memakai layanan transportasi Gojek.

Oleh karenanya, Gojek meningkatkan keamanan dan keselamatan para penggunanya, termasuk penumpang dan pengemudi. Penggunaan teknologi terkini Gojek pun dilakukan untuk memberikan rasa aman saat memakai aplikasi Gojek.

Sejumlah fitur keamanan Gojek sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu lalu, berikut adalah fitur-fitur keamanan yang dimaksud.

Kamu yang ingin menggunakan aplikasi Gojek untuk bepergian di momen libur Lebaran atau sejak saat ini pun wajib ketahui fitur apa saja dan bagaimana cara mengakses fitur tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Titik Jemput Tepat Sesuai Lokasi hingga Asuransi Perjalanan

Gojek menyediakan ratusan titik jemput, area tunggu pelanggan maupun shelter mitra driver yang ada di lokasi-lokasi strategis atau di area-area transportasi publik, mulai airport, terminal bus, stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Gojek juga memastikan kalau seluruh perjalanan Goride maupun Gocar dilindungi oleh asuransi, guna meminimalisasi dampak risiko selama perjalanan.

Di luar asuransi, sebelum mulai perjalanan, pelanggan bisa mengaktifkan perlindungan tambahan "PerjalananAman+" hingga Rp 350 juta.

 

3 dari 5 halaman

2. Tombol Darurat

Ketika berada di perjalanan dengan Gojek/ GoRide dan terjadi kondisi darurat, Gojek membantu pelanggan atau mitra driver melalui Tombol Darurat.

Fitur ini terhubung dengan Unit Darurat 24 Jam yang hadir di berbagai wilayah operasional dan terlatih untuk merespon laporan dengan perspektif korban dan berkoordinasi dengan otoritas terkait saar menangani keadaan darurat.

Tidak hanya itu, tim Unit Darurat Gojek juga menyiagakan ambulans untuk kondisi darurat yang mungkin terjadi.

4 dari 5 halaman

3. Bagikan Perjalanan

Fitur bagikan perjalanan memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi perjalanan mereka bersama Gojek ke kerabat atau orang terdekat.

Informasi ini mencakup lokasi penjemputan dan pengantaran, informasi tentang driver dan kendaraan, status perjalanan, estimasi waktu tempuh hingga jalur yang dipilih oleh driver dalam perjalanannya.

Dengan membagikan informasi perjalanan, orang terdekat atau keluarga kita bisa memantau perjalanan kita dengan Gojek. Jadi, penumpang dan keluarga di rumah bisa lebih tenang.

 

5 dari 5 halaman

4. Verifikasi Muka Driver hingga Number Masking

Masih soal keamanan, Gojek hadirkan fitur Verifikasi Muka mitra driver dan penyamaran nomor telepon (Number Masking). 

Selain untuk memastikan kesesuaian identitas dan kendaraan mitra driver, hal ini juga untuk memastikan kenyamanan masyarakat saat komunikasi dengan driver. Nantinya, nomor telepon pengguna dan mitra disamarkan untuk menjamin keamanan data pribadi kedua belah pihak. 

Sekadar informasi, Tombol Perangkat Keamanan Gojek berbentuk perisau hijau di halaman perjalanan. Di dalamnya ada informasi tentang asuransi perjalanan, fitur bagikan perjalanan, fitur tombol darurat serta pilihan untuk memberikan masukan pelayanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.