Sukses

Hindari, 5 Kesalahan Mendasar Soal Asuransi Ini

Liputan6.com, Jakarta Memiliki asuransi pada zaman ini tampaknya sangat diperlukan. Penting juga disadari asuransi dasarnya bertujuan melindungi aset dan keuangan Anda dari kecelakaan atau situasi merusak lainnya.

Namun, tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa hal saat akan memiliki alat perlindungan ini. Pengetahuan agar bisa menghindari kesalahan finansial di bidang asuransi dasar yang paling umum dilakukan banyak orang. 

Namun, sering terjadi kesalahan dalam hal asuransi. Misalnya berkaitan dengan pertanggungan asuransi, kesalahan bisa sangat mempengaruhi Anda secara finansial.

Berikut 5 kesalahan asuransi dasar yang paling umum dilakukan, dilansir dari laman The Balance, Rabu (19/8/2020).

1. Memilih Tidak Memiliki Asuransi Dasar

Memutuskan untuk menghemat uang dengan tidak memiliki asuransi adalah kesalahan mahal yang tidak ingin Anda lakukan.

Misalnya Anda harus memiliki asuransi mobil yang menanggung kecelakaan dan pencurian. Anda juga harus memiliki asuransi rumah untuk menutupi aksi pencurian dan kebakaran.

Selain itu, Anda sangat membutuhkan asuransi kesehatan dasar. Tagihan medis dapat sulit dibayar, dan jika Anda tidak memilikinya, akan melumpuhkan kondisi finansial.

Jika Anda tidak mampu membeli polis asuransi kesehatan yang komprehensif, setidaknya harus mendapatkan rencana asuransi kesehatan yang dapat mengurangi atau menimbulkan bencana.

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan perawatan kesehatan bahkan dengan asuransi Kesehatan. Tanpa asuransi kesehatan dapat menyebabkan kebangkrutan jika Anda mengalami satu peristiwa bencana kesehatan.

Namun jika Anda memiliki polis asuransi, maka pastikan polis asuransi kesehatan yang Anda daftarkan memenuhi persyaratan minimum. Asuransi kecacatan juga dapat melindungi Anda jika Anda terluka parah atau jatuh sakit.

2. Mengasuransikan Diri Secara Penuh

Kesalahan umum lainnya yang akan merugikan adalah mengasuransikan diri secara berlebihan. Mungkin sulit untuk menentukan berapa banyak asuransi dasar yang benar-benar Anda butuhkan.

Langkah Anda benar ketika mempertimbangkan asuransi pertanggungjawaban. Anda harus berbicara dengan agen asuransi, biasanya yang terbaik mereka harus independen dan mau diajak bicara tentang aset  dan cara terbaik untuk melindunginya.

Ketika Anda berumur lebih muda, tidak membutuhkan banyak asuransi, karena tidak memiliki banyak aset.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Mengasuransikan Diri dengan murah

Kesalahan umum lainnya adalah mengasuransikan diri sendiri dengan nilai yang rendah. Sebab Anda tetap akan mengeluarkan biaya besar bila menyadari bahwa asuransi dasar Anda tidak akan menutupi biaya yang jadi kebutuhan.

Sehingga Anda harus mempertimbangkan jumlah maksimum yang akan dibayarkan asuransi untuk setiap kecelakaan.

Jika memiliki asuransi kesehatan, Anda harus mempertimbangkan jumlah maksimum yang akan dibayarkan polis Anda.

4. Memiliki Asuransi yang Kurang Tepat

Anda mungkin memiliki jenis asuransi dasar yang salah atau terlalu banyak polis. Anda dapat membuang-buang uang untuk membeli kebijakan yang tidak mungkin digunakan. Jika Anda masih muda, Anda tidak perlu mendapatkan semua jenis asuransi yang tersedia.

Anda juga harus memastikan memahami kebijakan yang diperoleh. Jika Anda memahami untuk apa mendaftar asuransi, tentu tidak akan terkejut ketika tiba saatnya untuk mengajukan klaim.

5. Mencari Kebijakan Baru soal Polis Asuransi

Penting bagi Anda untuk mencari polis asuransi dasar. Anda harus melakukan ini setiap beberapa tahun. Anda dapat menghemat uang dengan beralih ke kebijakan baru. Selain itu, Anda harus melihat kebijakan yang menawarkan diskon untuk tempat Anda bekerja atau tempat Anda kuliah.

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini