Sukses

6 Cara Gunakan Dana Stimulus Dampak Covid-19 Secara Bijak

Liputan6.com, Jakarta Banyak negara di dunia yang mengucurkan dana stimulus untuk penanganan dampak pandemi covid-19, seperti Amerika Serikat, Eropa, hingga Indonesia.

Tentunya stimulus yang diberikan dimaksudkan untuk menangani dampak perekonomian Indonesia, dengan mendukung belanja masyarakat agar perekonomian bergerak Kembali.

Bagi yang termasuk mendapatkan stimulus dari Pemerintah, baik itu Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu bukan berarti Anda harus menghabiskan seluruh dana stimulus segera atau semuanya untuk satu hal.

Sama seperti rejeki nomplok finansial jangka pendek lainnya, pemeriksaan stimulus ini dapat membuat perbedaan terbesar bagi keuangan Anda, jika Anda membuat rencana tentang bagaimana menggunakan uang tersebut.

Anda bingung? Berikut adalah enam ide tentang bagaimana memanfaatkan pemeriksaan stimulus dampak pandemi covid-19 agar Anda dengan bijak memanfaatkan dan menggunakan stimulus tersebut, dilansir dari laman Forbes.com, Sabtu (14/8/2020).

1. Tutupi Hal-Hal Penting

Apakah pandemi covid-19 telah menyebabkan jam kerja Anda dipotong, atau apakah perusahaan Anda mengurangi gaji dengan persentase tertentu? Gunakan uang ini untuk menutup masalah uang di gaji Anda.

Jika Anda telah di-PHK atau diberhentikan dari pekerjaan Anda, semoga Anda sudah dapat mendaftar untuk tunjangan pengangguran baru yang diperluas. Tetapi bahkan jika Anda menerima pengangguran, cek stimulus Anda masih bisa berguna untuk membayar tagihan.

Terutama jika Anda menganggur, penting untuk bersikap strategis tentang cara menggunakan dana cek stimulus. Karena cek stimulus adalah pembayaran satu kali, dan tunjangan pengangguran Anda berlanjut untuk jangka waktu tertentu.

Anda mungkin ingin menyisihkan cek stimulus sebagai "dana darurat mini" sementara untuk beberapa minggu atau bulan ke depan, seperti pembayaran hutang, sewa atau hipotek, asuransi dan lainnya.

2. Membayar Utang

Membayar utang juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk uang tunai stimulus yang Anda dapatkan, tergantung pada situasi dan tujuan Anda. Melunasi utang hampir tidak pernah merupakan langkah finansial yang buruk.

Tapi pikirkan baik-baik tentang bagaimana memprioritaskan pembayaran utang Anda. Bahkan dalam masa-masa yang tidak pasti ini, biasanya merupakan ide yang baik untuk melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, seperti hutang kartu kredit.

Namun jangan merasa seperti Anda harus terburu-buru menggunakan semua uang stimulus Anda untuk melunasi hutang. Lihat opsi Anda untuk kesabaran atau penundaan pembayaran terlebih dahulu.

Banyak bank menawarkan keringanan kepada peminjam. Jika Anda bisa mendapatkan keringanan atas utang Anda selama beberapa bulan, Anda dapat menyimpan uang stimulus itu dan memutuskan bagaimana menggunakannya nanti.

 

2 dari 4 halaman

3. Bangun Tabungan Darurat

Jika Anda tidak memiliki utang dan dana darurat tunai yang memadai di bank, mungkin ingin memasukkan sebagian atau semua cek stimulus ke dalam dana darurat.

Di saat ketidakpastian, banyak orang merasakan ketenangan dan kepercayaan ekstra dengan memiliki uang tunai di bank.

4. Berinvestasi untuk Masa Depan

Bagaimana jika Anda sudah merasa cukup stabil secara finansial, bahkan di tengah krisis ini? Jika Anda sudah memiliki dana darurat untuk pengeluaran tiga hingga enam bulan, tidak memiliki hutang mendesak dan pekerjaan aman (sejauh mungkin dalam perekonomian ini), Anda mungkin ingin menggunakan cek stimulus Anda untuk berinvestasi di masa depan.

Mungkin Anda bisa menabung untuk kuliah anak di masa depan. Jika Anda memiliki anak dan ingin menabung untuk biaya pendidikan perguruan tinggi di masa mendatang (atau biaya sekolah swasta saat ini), dapat memasukkan uang stimulus itu ke dalam rencana.

Mungkin jika Anda telah memaksimalkan kontribusi pensiun, atau hanya ingin menginvestasikan sejumlah uang untuk tujuan jangka pendek daripada pensiun atau tabungan perguruan tinggi.

Anda dapat memasukkan cek stimulus ke dalam rekening pengelolaan kas dengan penasihat atau firma investasi. Akun ini memungkinkan Anda menabung, mendapatkan bunga, dan menginvestasikan uang.

 

3 dari 4 halaman

5. Memberikan ke yang butuh

Bagaimana jika Anda merasa aman secara finansial, bersyukur memiliki pekerjaan yang stabil, dapat membayar tagihan dan tabungan pensiun berjalan dengan baik?. Namun ternyata mendapatkan stimulus.

Mengapa tidak mencurahkan sebagian atau seluruh cek stimulus untuk pemberian amal? Ada begitu banyak badan amal besar di Indonesia dan di seluruh dunia yang saat ini sedang mencari dukungan finansial.

6. Berbelanja Kebutuhan

Tidak peduli apa yang Anda lakukan dengan stimulus, semoga Anda dapat menyisihkan sebagian uang untuk dibelanjakan pada sesuatu yang menyenangkan baik untuk diri sendiri.

Semua orang di dunia saat ini, tidak peduli berapa banyak uang yang mereka miliki, merasakan stres, kesedihan, dan ketidakpastian tentang masa depan. Menghabiskan uang untuk perawatan diri dari pandemi covid-19 adalah respons yang sehat untuk kebutuhan manusia yang otentik.

Namun harus Anda ingat, Pemerintah berharap untuk meningkatkan belanja konsumen dengan mengirimkan cek stimulus ini. Di satu sisi, membelanjakan uang sekarang dan menjaga agar uang mengalir melalui pundi-pundi bisnis kecil.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini