Sukses

Kembangkan Pariwisata Mentawai, Pemerintah Bangun Pelabuhan dan Bandara

Pembangunan Marina Center yang menjadi pelabuhan untuk menghubungkan Padang dengan Mentawai akan dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus membangun infrastruktur pariwisata di Sumatera Barat, khususnya Kepulauan Mentawai. Beberapa infrastruktur yang rencananya akan dibangun adalah Marina Center di Padang dan juga bandara.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Ridwan Djamaluddin menjelaskan, Mentawai masuk ke dalam satu satu obyek wisata kelas dunia. Oleh sebab itu, pemerintah terus melakukan pengembangan. 

"Kita perlu menyiapkan infrastruktur yang bagus supaya ketika turis mau berkunjung ke Mentawai itu mereka punya pelabuhan yang bagus di sini," kata Ridwan dikutip dari keterangan yertulis, Selasa (4/8/2020).

Ridwan mengatakan, pembangunan Marina Center ini akan dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II). Adapun konsepnya akan lebih bernuansa laut atau maritim di kota Padang, seperti yang sudah dikoordinasikan dengan pemerintahan setempat dan semua sudah sepakat untuk pembangunannya.

"Sehingga harapannya nanti kita terbangun Maritim Center bisa menjalankan fungsi sebagai pelabuhan yang menjadi akses ke Mentawai dan juga menjadi tempat contoh yang baik bagaimana sebuah komunitas berbasis maritim bisa dihidupkan, karena nanti akan ada kulinernya, akan ada tampilannya dan lainnya," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandara

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan bahwa di Mentawai sendiri sebetulnya sudah direncanakan pembangunan bandara, namun tidak mengganggu pembangunan Marina Center ini.

"Walaupun di sana akan ada rencana membangun bandara sendiri dan wisatawan ke sana, tetapi opsi ini akan tetap dibuka, karena di sana kan belum mulai nah di sini sudah ada. Jadi yang mau langsung ke Mentawai melalui jalur udara bisa atau melalui jalur laut lewat Padang," jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan bahwa semua perizinan sedang disiapkan. Dirinya berharap pembangunan dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

"Muara ini diperbaiki lalu menjadi Marina Center awalnya ide Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) melalui Deputi Ridwan, bahwa ini nanti akan ke Mentawai. Semua perizinan kita siapkan. Intinya kita tentu mengharapkan semua segera diproses," ungkapnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.