Sukses

Fakta-Fakta Penerimaan CPNS 2020 Ditiadakan

Liputan6.com, Jakarta - Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi favorit di Indonesia. Namun, semenjak pandemi virus corona masuk ke Indonesia, proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 ditunda.

Sebelumnya, untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah usai digelar. Sedangkan tahap seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) belum terlaksana hingga kini.

Sementara itu pemerintah baru-baru ini mengumumkan untuk meniadakan penerimaan pegawai baru melalui jalur seleksi CPNS.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji menyatakan, wabah virus corona (Covid-19) telah memaksa pemerintah untuk mengkaji ulang pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di masa mendatang.

Atmaji mengatakan, pemerintah ingin agar perekrutan PNS baru lewat sistem seleksi nantinya bisa lebih tepat sasaran dan sesuai perhitungan.

"Pasca pandemi ini kami harus me-review ulang sistem kerja dan kebutuhan PNS ke depan. Sehingga perlu perhitungan yang cermat baik jumlah maupun kualifikasi yang dibutuhkan semua sektor dan daerah," ungkapnya kepada Liputan6.com.

Lebih lanjut, berikut Liputan6.com merangkum fakta-fakta CPNS terbaru untuk anda:

 

2 dari 5 halaman

Pemerintah Tak Buka Lowongan CPNS di 2020

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 dipastikan tidak akan digelar. Sebab, saat ini pemerintah masih harus menyelesaikan seleksi penerimaan CPNS 2019 yang tertunda akibat pandemi corona.

Dikutip dari laman Setkab, penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dan pelaksanaan SKB tertunda karena pandemi Covid-19. Tahun ini Pemerintah masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19.

 

3 dari 5 halaman

Tak Ada Penerimaan 2 Tahun

Dalam 2 tahun ini, terhitung mulai 2020, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal ditiadakan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, di Kompleks Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020). Akan tetapi, Tjahjo mengatakan, penerimaan sekolah kedinasan seperti sekolah kepolisian dan militer akan tetap terlaksana sesuai jadwalnya

"Rekrutmen CPNS, 2 tahun ini tidak ada, kecuali kedinasan yang terprogram seperti Akpol, Akmil, itu tetap jalan di 2021," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Kemenkeu Bahkan Setop Penerimaan CPNS hingga 2024

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan moratorium atau pemberhentian sementara perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dan mahasiswa STAN untuk 5 tahun ke depan, tepatnya pada periode 2020-2024.

Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.

Dalam kebijakan tersebut, Kementerian Keuangan berupaya mewujudkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang optimal untuk mewujudkan SDM yang adaptif dan technology savy.

"Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kementerian Keuangan untuk jangka waktu 5 tahun dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku, memperhatikan arah kebijakan nasional di bidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan," tulis PMK 77/2020, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (7/7/2020).

 

5 dari 5 halaman

Pendaftaran STAN Ditutup

Meski jadi salah satu kampus favorit pilihan calon mahasiswa baru. Tahun ini hingga 2024, pendaftaran Politeknik Keuangan Negara (STAN) dihentikan. Hal ini selaras dengan rencana moratorium penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan.