Sukses

Terlihat Sederhana, Ternyata Rumah Nobita Harganya Rp 9 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Nobita? Salah satu karakter anime dalam serial Doraemon ini dikenal sebagai anak laki-laki berkacamata yang hidup ditemani robot kucing dari abad 22, Doraemon.

Jika Anda penggemar kartun Jepang, pasti tidak akan asing dengan seluk beluk kehidupan mereka, termasuk tempat tinggal Nobita dan Doraemon. Rumah Nobita memiliki 2 tingkat dan nampak sederhana saat dilihat dari sisi depan.

Tapi ternyata, nilai rumah itu cukup fantastis dan masih tergolong mahal di era sekarang, meskipun kartun ini dibuat tahun 1962, yang mencapai Rp 9,4 miliar!

Hal ini diungkapkan oleh seorang penulis light novel asal Jepang, SOW, di akun Twitternya, @sow_LIBRA11. Dia membuat thread Twitter khusus yang berisi kalkulasi harga rumah di anime-anime kenamaan Jepang pada 2018 lalu.

"Untuk era 70-an, rumah keluarga Nobi dianggap 'rumah biasa'. Rumah dua lantai yang terletak di Nerima Ward, Tokyo, yang harganya ada di kisaran 70 juta yen. Jumlah pembayaran pinjamannya sekitar 200 ribu yen per bulan. Ayah [Nobita](https://www.liputan6.com/tag/nobita "") pasti punya gaji yang tinggi," cuit SOW sebagaimana dikutip Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Mengacu pada asumsi kurs saat ini, Rp 135,2 per yen, nilai rumah keluarga Nobi mencapai Rp 9,463 miliar, sementara nilai hipoteknya mencapai Rp 27,037 juta. Sedangkan harga sewanya, kata SOW, untuk rumah tipe ini dihargai 160 ribu yen atau Rp 21,6 juta per bulan.

"Mungkin kalian akan bilang, 'bukannya mereka menyewa rumah itu?' berdasarkan harga pasar, rumah jenis itu mungkin harga sewanya 160 ribu per yen," kata SOW.

Tidak cuma rumah Nobita, SOW juga mengkalkulasi rumah keluarga Sazae-san yang sudah "berdiri" sejak tahun 1946 dengan harga mencapai 150 juta yen atau Rp 20 miliar. Lalu rumah Usagi Tsukino, sang Sailor Moon, dibanderol lebih tinggi lagi seharga 450 juta yen atau Rp 60 miliar.

Dan tak ketinggalan ada rumah keluarga Nohara alias Shin chan yang diharga Rp 20 juta yen atau Rp 2,7 miliar. Bagaimana? Cukup fantastis, bukan?

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: