Sukses

Mau Mulai Usaha Tapi Tak Punya Modal Besar? Ini Cara Menyiasatinya

Liputan6.com, Jakarta - Keterbatasan permodalan masih menjadi kendala yang dihadapi sesorang dalam memulai bisnis usahanya. Kondisi itu menyebabkan banyak masyarakat yang megurungkan niat usahanya dan pada akhirnya tidak berjalan optimal.

Founder Investor Muda, Jason Gozali mengatakan, keterbatasan modal bukan menjadi satu-satunya hambatan untuk sesorang memulai bisnis usaha. Menurutnya, dengan modal kecilpun usaha tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Pasti selalu ada cara buat apa mulai berbisnis dengan modal kecil misalnya," kata dia di Jakarta, seperti dikutip Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan jika tidak memiliki modal besar maka salah satu metode yang bisa dipakai yakni penjualan konsinyasi.

Di mana konsinyasi itu merupakan suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu.

"Contoh saya mau jualan masker saya nggak punya modal sistemnya konsinyasi.Ya udah jualan dulu udah laku baru bagi hasil berdua itu kan tanpa modal sebenarnya kita bisa melakukan itu banyak sekali jadi ada sistem kepercayaan dan kolaborasi," kata dia.

2 dari 3 halaman

Tanpa Modal

Di investor muda sendiri sebetunya berdiri tanpa modal. Sebab perusahaan yang digawanginya tersebut merupakan jasa edukasi pasar modal. Di mana yang dibutuhkan adalah edukasi dan pemikiran yang disampaikan kepada klien.

"Karena bisnis saya jasa saya nggak butuh modal perlahan-perlahan kita kita lakukan konsisten orang percaya sama kita orang yang rela beli edukasi kita lama-lama punya modal tapi kalau bisnis harus perlu modal cara nomor satu adalah konsinyasi," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: