Sukses

Sri Mulyani Pastikan Tak Pangkas Anggaran Sektor Pertanian

Pemerintah memastikan bahwa anggaran untuk sektor pertanian tidak dilakukan pemotongan oleh pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa anggaran untuk sektor pertanian tidak dilakukan pemotongan oleh pemerintah.

Sebab, dana untuk program ketahanan pangan maupun perluasan pembukaan lahan baru termasuk yang diprioritaskan oleh pemerintah.

"Untuk 2020 dan 2021, meski banyak yang bertanya semua KL terpotong karena refocusing. Tapi beberapa untuk yang tertinggi adalah pertanian, kami tetap secure. Tidak dikurangi anggarannya," kata dia saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Bendahara Negara ini juga sudah meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Pertanian untuk bisa mengamankan anggaran untuk pembukaan lahan baru yang menjadi prioritas pemerintah di 2021.

Anggaran fiskal juga akan diberikan mulai pemberian benih pupuk sampai irigasi dan kenaikan produktivitas.

"2021 itu berkelanjutan, karena pembukaan lahan 2021 itu prioritas tinggi dari presiden dan itu kami secure," tandas Sri Mulyani.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Pertanian Belum Nendang

Sebelumnya, dalam rapat kerja bersama pemerintah, Anggota Komisi XI DPR RI, Bertu Merlas menyayangkan kebijakan pemerintah di sektor pertanian belum nendang.

Apalagi, beberapa harga komoditas eskpor sempat mengalami kehancuran atau anjlok mulai dari komoditas andalan CPO, karet, batubara, dan kopi.

Dia juga menduga bahwa tahun ini pemerintah telah memangkas anggaran untuk sektor pertanian yang dialihfungsikan sebagai dana pemulihan ekonomi.

"Belum kelihatan apa yang telah dilakukan pemerintah (di sektor pertanian). Bahkan di APBN kita di PEN pertanian ada pemotonan, gak ada penambahan," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.