Sukses

Layani 95 Penerbangan, Bandara Soetta Batasi Penjualan Tiket

Bandara Soetta dijadwalkan melayani 95 penerbangan dengan total penumpang sebanyak 3.195 orang pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Sabtu (16/5/2020), Bandara Internasional Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 95 penerbangan dengan total penumpang sebanyak 3.195 orang.

Namun demikian, pihak bandara telah membelakukan prosedur baru dalam memproses keberangkatan agar physical distancing terjaga, serta prosedur pemeriksaan dokumen dijalankan dengan ketat.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan saat ini maskapai sudah melakukan pembatasan penjualan tiket maksimal 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas dan karena itu penjualan tiket harus maksimal juga 50 persen dari kapasitas. Di Terminal 2 Soekarno-Hatta juga dilakukan pembatasan penerbangan menjadi hanya 5 penerbangan per jam,” ujar Muhammad Awaluddin, Sabtu (16/5/2020).

Muhammad Awaluddin juga menjelaskan bahwa saat ini sudah diterapkan kebijakan baru dalam memproses keberangkatan dimana, calon penumpang harus melalui 4 pos pemeriksaan (checkpoint) sebelum naik pesawat.

“Checkpoint I untuk melakukan verifikasi dokumen perjalanan, lalu checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen guna mendapat clearance dari KKP, lalu checkpoint IV adalah ketika penumpang melakukan check in untuk mendapat boarding pass,” kata dia.

Secara lengkap, dokumen yang harus dibawa calon penumpang pesawat pada periode PSBB tercantum di dalam Surat Edaran No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandara Soetta Layani 3.196 Penumpang Hari Ini

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 95 penerbangan (take off dan landing) di rute domestik dan internasional pada hari ini, Sabtu, 16 Mei 2020.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020), memaparkan bahwa di Terminal 2, jadwal keberangkatan untuk rute domestik direncakan sebanyak 20 penerbangan dan kedatangan 21 penerbangan.

Adapun maskapai yang beroperasi di terminal ini adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Citilink.

Sementara itu, di Terminal 3 untuk seluruh rute domestik dioperasikan oleh Garuda Indonesia dengan rencana jadwal keberangkatan 17 penerbangan dan kedatangan 18 penerbangan.

“Seluruh proses keberangkatan di Terminal 2 dan Terminal 3 sejak pagi tadi berjalan lancar di mana dilakukan antrean dengan tetap mengedepankan physical distancing,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).

Untuk rute internasional dioperasikan berbagai maskapai dengan rencana keberangkatan sebanyak 10 penerbangan dan kedatangan sembilan penerbangan.

Berdasarkan laporan maskapai, jumlah penumpang dari 95 penerbangan yang direncanakan hari ini adalah 3.196 penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini