Sukses

Antisipasi Krisis Pangan, Jokowi Minta Buwas Hitung Stok Beras Nasional

Jokowi juga berharap pada puncak panen raya bulan April nanti produksi beras meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Joko minta Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso agar lakukan manajemen pengelolaan beras dengan baik.

Hal tersebut kata Jokowi jadi kunci penting untuk antisipasi mitigasi dan krisis pangan hingga beberapa bulan ke depan saat pandemi Covid-19.

"Sekali lagi kalkulasi secara detail. Hitung betul secara detail mengenai ketersediaan stok, tentu dengan memperhitungkan stok di masyarakat, stok di penggilingan, stok di gudang dan stok di Bulog," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait Lanjutan Pembahasan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/4).

Jokowi juga berharap pada puncak panen raya bulan April nanti produksi beras meningkat. Dia sudah dapat laporan mencapai 5,62 juta ton. Hasil tersebut sangat baik kata Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Saya juga minta bulog untuk tetap membeli gabah petani dengan insentif harga yang layak, dengan fleksibilitas yang memadai," ucap Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga minta Bulog dikalkulasi kemungkinan terjadinya kemarau panjang di 2020. Walaupun kata dia prediksi BMKG tidak ada cuaca ekstrem pada tahun ini.

"Namun tetap harus diwaspadai terutama yang berkaitan dengan ketersediaan beras nasional kita," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Produksi Pangan

Kemudian produksi pangan pun tetap harus dijaga dan berjalan normal. Pastikan masyarakat serta petani tidak dirugikan.

"Pastikan juga agar petani juga berproduksi tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan program stimulus ekonomi betul-betul bisa juga menjangkau yang berkaitan dengan produksi beras kita. artinya menjangkau petani kita," ungkap Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.