Sukses

Harga Emas Naik 0,4 Persen, Seiring Penguatan Dolar AS

Harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.619,40 per ons.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik tipis pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) setelah data payroll nonpertanian AS yang suram memperbesar korban ekonomi dari virus corona. Hal ini meskipun dolar yang lebih kuat membatasi kenaikan emas batangan.

Dikutip dari CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.619,40 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,5 persen ke level USD 1.645,70 per ounce.

"Emas terus berada dalam mode menunggu dan melihat seberapa buruk ekonomi global akan mendapatkan dan berapa lama kondisi seperti depresi berlangsung," kata Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA.

AS memangkas 701 ribu pekerjaan pada Maret, mengakhiri 113 bulan berturut-turut dari pertumbuhan lapangan kerja. Hal ini sebagai dampak dari langkah-langkah ketat untuk mengendalikan wabah virus corona yang melukai bisnis dan pabrik, mengkonfirmasikan resesi sedang berlangsung.

Dolar AS menguat terhadap saingan, merayap menuju kenaikan mingguan lebih dari 2 persen. Hal tersebut karena kekhawatiran resesi global semakin meningkat.

"Sebagian besar pedagang akan mengharapkan emas menjadi lebih tinggi setelah data daftar gaji. Masalah emas adalah bahwa ketatnya pasokan berkurang dan dolar terus menggiling lebih tinggi.

"Pada akhirnya emas akan bersinar dari semua stimulus fiskal dan moneter yang dipompa ke pasar secara global," tambahnya.

Pada Kamis lalu, harga emas naik lebih dari 1 persen setelah jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim untuk tunjangan pengangguran pekan lalu melonjak ke rekor tertinggi, karena lebih banyak yurisdiksi memberlakukan tindakan tetap di rumah untuk mengekang pandemi.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Corona Global

Kasus global dari virus corona baru telah menembus 1 juta, dengan lebih dari 53 ribu kematian, menurut penghitungan Reuters pada hari Jumat.

"Secara teknis, bahkan ketika semuanya dijual di pasar, emas menjual paling sedikit. Itu memberi tahu Anda emas itu kuat, orang ingin memilikinya. Jadi secara teoritis, emas harus menjadi aset utama selama 6-8 bulan ke depan,” kata Michael Matousek, Kepala Pedagang di Investor Global AS.

Mencerminkan minat investor pada emas batangan, kepemilikan dari dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar dunia, SPDR Gold Trust naik 0,3 persen menjadi 971,97 ton pada hari Kamis.

Di antara logam mulia lainnya, paladium tergelincir 2,1 persen menjadi USD 2.166,37 per ounce, menjadikannya jalur untuk penurunan mingguan 4,8 persen.

Harga platinum turun 1,5 persen menjadi USD 716,23, dan turun 3,2 persen sejauh minggu ini. Sedangkan perak turun 1,4 persen menjadi USD 14,33 per ons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini