Sukses

Pandemi Corona Bikin Silmy Karim Hitung Ulang Target Krakatau Steel

Liputan6.com, Jakarta - Merebaknya wabah Virus Corona atau Covid-19 secara global membawa dampak langsung diberbagai sektor termasuk juga sektor industri di Tanah Air. Beberapa perusahaan mulai mengitung ulang produksi dan target karena memang perekonomian terdampak.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, bahwasanya Pandemi Corona menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan, khususnya menyangkut keselamatan para pekerja atau karyawan Krakatau Steel.

Silmy mengatakan, perhatian perusahaan adalah menjamin dan menjaga seluruh karyawan di lingkungan Krakatau Steel aman dari serangan Corona Covid-19. Untuk itu perusahaan benar-benar menerapkan SOP yang sudah diterapkan oleh pemerintah.

"Bagi mereka yang masuk bekerja, kita juga siapkan antisipasi untuk kesehatan mereka, seperti menyiapkan bilik disinfektan, alat pengukur suhu badan, masker, hand sanitizer dan menghimbau untuk selalu mencuci tangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/4/2020).

Meski baru saja membawa produsen baja milik pemerintah tersebut kembali kejalur neraca yang sehat sejak 2012, adanya Pandemi Corona Covid-19 dikatakannya akan membawa pengaruh terhadap di industri baja dunia.

Namun ia juga yakin bahwa tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di negara pesaing industri baja saat ini juga berkonstrasi khususnya untuk mengatasi virus tersebut agar roda perekonomian kembali berputar dan setelah itu semua akan berkonsentrasi kepada percepatan produksi di negara masing-masing.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi Turun

Silmy melanjutkan, semua negara pasti akan berkutat serta berkonsentrasi untuk mencari cara bagaimana menanggulangi wabah Corona ini. Artinya berbicara dari sisi bisnis secara global sudah pasti ada penurunan frekuensi produksi di dunia industri baja atau apapun itu, karena setiap Pemerintah diberbagai negara lainnya juga menganjurkan warganya untuk bekerja di rumah.

Saat ini tinggal bagaimana perusahaan mensiasati dan bekerja dengan smart untuk mengkalkulasi ulang produksi, baik saat masa periode wabah ini dan setelahnya harus ada kebijakan apa. Namun di atas itu semua, keselamatan para pekerja tetap menjadi hal yang utama.

Tidak hanya berbicara keselamatan para pekerja secara SOP saat di lapangan saja, tapi menjaga keselamatan terkait Corona khususnya di lingkungan kerja Krakatau Steel.

"Konkritnya kami memantau mengecek kondisi kesehatan seluruh pekerja secara konsisten. Kami berharap selepas kondisi Covid-19, Krakatau Steel akan mengenjot kembali untuk fokus menaikan profit kembali di kuartal ketiga dan keempat mendatang," imbuhya lagi.