Sukses

Pertamina Patra Niaga Bantu Pemerintah Lawan Corona Covid-19

Pertamina Patra Niaga mendonasikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) medis dan multivitamin demi lawan virus corona

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen membantu pemerintah dalam melawan wabah virus Corona baru (COVID-19), dengan berdonasi bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) medis dan multivitamin.

Manager Corp Comm CSR PT Pertamina Patra Niaga Ayulia mengatakan, bantuan APD medis dan multivitamin bertujuan untuk mendukung penanganan COVID-19, diberikan kepada Ikatan Alumni Universitas Indonesia Fakultas llmu Keperawatan (ILUNI Ul FIK).

"Kami berharap donasi yang diberikan bisa membantu, terutama kepada tim medis yang berada di garda terdepan upaya penanganan wabah Covid 1," ujar kata Ayulia, di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Dekan FIK UI Agus Setiawan mengungkapkan, bantuan tersebut amat bermanfaat bagi petugas medis yang bersingungan langsung langsung dengan pasien Covid 19.

"Kami di kepewaratan, yang 24 jam berada di pasien merasa terbantu dengan bantuan ini," ujar Agus.

Dia menambahkan, selama ini Pertamina Patra Niaga telah membuka pusat krisis yang menghimpun dan juga menyalurkan bantuan terutama APD. Setidaknya ada 10 ribu alumni FIK yang kini menjadi garda terdepan penanganan Covid 19.

"Mereka diantaranya bertugas di RS darurat Wisma Atlet dan RS UI. Mengingat RS UI juga menjadi salah satu rujukan pemerintah. Kami juga memobilisasi relawan," tutup Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertamina Sumbang Rp 5 Miliar untuk Renovasi RSAL Mintohardjo

PT Pertamina (Persero) memberikan bantuan senilai Rp 5 miliar untuk renovasi Gedung Pagai di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Mintohardjo yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien virus corona (Covid-19).

Renovasi gedung dilakukan untuk menjadikan gedung yang sudah ada dan tidak dipakai ini menjadi gedung bertekanan negatif sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Renovasi akan dilakukan selama satu pekan untuk gedung bangsal, kemudian dua minggu untuk gedung standar CDC, dengan kapasitas satu ruangan satu tempat tidur.

Vice President Corporat Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, bantuan ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perseroan untuk terus mendukung penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19.

"Kami terus mendukung penyediaan ruang perawatan bagi pasien Covid-19 agar semaksimal mungkin bisa menyelamatkan masyarakat yang terdampak virus corona," ungkap Fajriyah dalam pernyataan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Menurut dia, Pertamina juga sedang menyiapkan bantuan untuk alih fungsi Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) menjadi RS Penanganan COVID-19, sehingga akan semakin menambah fasilitas kesehatan untuk menangani pasien Covid-19.

Selama ini, lanjut Fajriyah, Pertamina telah menyalurkan berbagai bantuan seperti masker, Alat Pelindung Diri (APD), sarung tangan, penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, wastafel portabel, serta bantuan paket makanan dan sembako.

"Sebagai BUMN, Pertamina semaksimal mungkin akan terus melakukan sinergi dan meningkatkan bantuan yang dibutuhkan baik oleh tenaga medis maupun masyarakat yang terdampak Covid-19 agar bisa melawan dan menangani wabah ini secara bersama-sama," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini