Sukses

6 Tips Berhemat bagi Orang Tua Tunggal

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua tunggal, pasti dihadapkan dengan berbagai masalah keuangan. Terutama jika status Anda merupakan orang tua tunggal. Tentu beban menjadi tanggung sendiri.

Berikut adalah tips menghemat uang untuk orang tua tunggal, seperti melansir laman singleparentsonholiday, Selasa (30/3/2020:

1. Potong Anggaran

Dengan memotong anggaran yang tidak diperlukan, dapat menabung untuk hal yang diperlukan. Dengan tidak makan siang di luar atau hangout bersama teman-teman, tidak berlangganan majalah cetak, dan menggunakan transportasi umum mungkin bisa mengurangi anggran sebagai orang tua tunggal yang berpenghasilan tunggal juga.

Gunakan waktu dan uang dengan benar, jauhkan hal-hal yang tidak penting yang bisa menghabiskan uang dan waktu.

2. Hemat uang dan barang

Dengan menabung uang dan barang dalam jumlah sedikit dan sering dapat membantu dan menjadi kebiasaan yang baik. Membeli sesuatu untuk waktu yang lama pada saat dapat sangat berguna dan menghemat.

Sebagai orang tua tunggal dengan penghasilan tunggal yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpan sisa tagihan untuk disimpan dan sebagai keuangan darurat.

3. Belanja barang murah

Dengan memilih barang yang lebih murah dan membeli dalam jumlah banyak bisa menghemat. Contohnya banyak toko online yang menawarkan harga lebih murah dan kualitas yang tidak beda jauh.

Selain itu juga bahan makanan, seperti sereal yang tidak bermerk dan membelinya dalam jumlah banyak setiap minggu dan menyimpannya dapat menjadi pilihan untuk berhemat.  

2 dari 2 halaman

4. Jangan mudah membuang

Dengan tidak membuang makanan sisa atau tidak habis dan menyimpan untuk makan selanjutnya dapat menghemat pengeluaran untuk makan.

Apalagi sebagai orang tua tunggal yang tidak punya banyak waktu untuk memasak hal ini  membantu.

Selain itu, simpan semua surat-surat, kardus, kaleng, dan lainnya. Untuk dijual dan di daur ulang, sehingga bisa menghasilkan uang dan menjaga lingkungan.

5. Jadikan berbagai hal sebagai sumber uang

Memanfaatkan keterampilan atau bakat bisa dilakukan membantu secara finansial. Selain itu, dengan menyewakan ruangan yang tidak digunakan juga  dapat menghasilkan uang.

Sebagai orang tua tunggal, harus bisa mengatur arus kas dengan baik. Dengan melakukan perkerjaan kecil tambahan bisa menjadi penghasilan yang sangat berarti.

Dengan menjual barang-barang yang tidak terpakai juga dapat menghasilkan uang, intinya lakukan apa saja yang bisa menghasilkan dan bermanfaat.

6. Layanan penitipan anak

Membayar pengasuh membutuhkan biaya yang besar. Namun memakai layanan penitipan anak dapat lebih berhemat. Pastikan memiliki perjanjian yang jelas dalam layanan pengasuhan ini, sehingga semua orang merasa mereka mendapatkan kesempatan yang sama.