Sukses

PPSDM Geominerba Latih Pekerja PT Timah Cara Susun Amdal

Amdal Sangat berguna untuk memutuskan adanya penerbitan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Amdal merupakan salah satu instrumen persyaratan mandatory sebuah rencana kegiatan untuk pencegahan dampak buruk lingkungan. Persyaratan ini berfungsi sebagai penyedia informasi kelayakan lingkungan terkait rencana kegiatan. Amdal Sangat berguna untuk memutuskan adanya penerbitan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dengan Amdal, pemerintah bisa mengeluarkan pertimbangan tentang pengendalian dan penanganan dampak negatif sebuah kegiatan terhadap lingkungannya. Tak hanya itu, lewat Amdal, juga bisa diberikan izin optimasi dampak positif terhadap lingkungan sekitar wilayah kegiatan dimaksud.

Guna meningkatkan kompetensi para praktisi pertambangan khususnya pekerja yang bertanggungjawab dalam penyusunan Amdal, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan PT Timah menyelenggarakan diklat dasar-dasar penyusunan syarat penting tersebut. Tujuannya, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai tata cara dan substansi penyusunan Amdal secara mendalam.

Sebanyak 23 orang pegawai PT Timah mengikuti diklat yang akan berlangsung selama lima hari (20-24 Januari 2020) di Timah Learning Centre Pemali, Kabupaten Bangka. Pengajar dari PPSDM Geominerba dan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung akan memberikan materinya.

Sebut saja proses dan manfaat Amdal, kebijakan dan peraturan PLH dan PSDA terkait Amdal, identifikasi rona awal lingkungan, dan Ipem dalam Amdal. Selain itu juga Proses penyusunan dan penilaian Amdal, penerbitan izin lingkungan, pengawasan dan penegakan hukum, etika penyusun Amdal, dan pengantar sistem informasi Amdal juga akan diberikaan selama diklat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini