Sukses

Mendag Beberkan Penyebab Harga Bawang Bombai Meroket

Kenaikan harga bawang bombai disebabkan oleh pasokan impor yang diberikan tidak mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa kenaikan harga bawang bombai disebabkan oleh pasokan impor yang diberikan tidak mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Jadi itu impor (bombai) kita sudah keluarkan cuman baru sedikit," tegas Agus seusai mengikuti rapat bersama sejumlah menteri di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3).

Untuk menekan harga bawang bombai dipasaran yang hampir mencapai Rp 200.000 per kilogram, pihaknya dalam waktu dekat ini berencana untuk kembali membuka keran impor setelah diterimanya Rekomendasi Impor Produk Holtikultura (RIPH) untuk izin pengajuan impor bawang bombai.

Namun, terkait besaran jumlah impor bawang bombay selanjutnya yang akan ditetapkan oleh kementeriannya, Mendag Agus mengakui belum mengetahui secara pasti karena pihaknya belum menerima RIPH yang akan diajukan oleh Kementerian Pertanian.

"Kan kalau RIPH dia harus mengajukan permohonan terus kemudian dicek kelengkapan dokumennya baru setelah itu kita keluarkan izin impor," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbitkan Izin Impor

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) untuk komoditas bawang bombai sebanyak 2.000 ton. Pembukaan impor guna menyikapi harga komoditas tersebut yang semakin melambung tinggi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menjelaskan, penerbitan SPI dikeluarkan secara bertahap sesuai dengan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) yang diberikan oleh Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian.

"Kami sudah keluarkan izin untuk impor bawang bombai karena baru masuk RIPH, sehingga langsung kita proses, dan ketika keluar RIPH tidak serta merta langsung keluar (izinnya), kita harus proses beberapa waktu," kata Agus Suparmanto seperti mengutip Antara, di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardana menjelaskan SPI untuk bawang bombai yang sudah diterbitkan Kemendag sebesar 2.000 ton didatangkan dari Selandia Baru.

"Yang sudah keluar itu ada 2.000 ton bawang bombai...Iya, dari New Zealand yang sudah keluar," kata Indrasari.

Dia menambahkan bahwa penerbitan SPI ini melihat dari RIPH yang sudah masuk ke Kementerian Perdagangan dengan memerhatikan kelengkapan dokumen yang diajukan dari importir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.