Sukses

Siapa Bob Chapek, CEO Baru Perusahaan Hiburan Terbesar Dunia Disney

Liputan6.com, Jakarta Bob Chapek bisa dibilang saat ini menjadi tokoh kunci dari seluruh kerajaan bisnis Disney. The Walt Disney Company menunjuk Chapek sebagai CEO menggantikan Bob Iger, mulai Selasa, 25 Februari 2020.

Melansir CNN Business, Rabu (26/2/2020), Iger masih akan mengabdi di Disney hingga akhir kontraknya habis pada 31 Desember 2021.

Dia mengambil peran sebagai Ketua Eksekutif untuk mengarahkan usaha kreatif perusahaan. 

Lalu siapakan Chapek dan bisakah ia menggantikan posisi Iger?.

Chapek digambarkan sebagai seorang yang kurang karismatik dari Iger, tapi sangat cerdas dan terorganisir. Ini bisa menjadikannya sebagai penerus yang sempurna dari  Iger, yang prestasinya telah membuat Disney menjadi perusahaan besar saat ini.

Sebab hal yang Disney perlukan adalah seorang operator yang dapat mengelola apa yang Iger telah letakkan di tempatnya. Di situlah Chapek datang. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala Divisi Disney Parks. 

2 dari 3 halaman

Sepak Terjang

Sebelum diperkenalkan sebagai CEO baru, Chapek menjabat sebagai Kepala Walt Disney Parks and Resorts. Di bawah kepemimpinannya, ia mengawasi perluasan terbesar Disney Theme Parks dalam sejarah 60 tahun, termasuk pembukaan Shanghai Disneyland dan armada Disney Cruise Line.

Saat Iger mengawasi akuisisi strategis Pixar, Marvel dan Lucasfilm, Chapek bekerja untuk mengintegrasikan properti intelektual ke dalam taman hiburan.

Tahun lalu, Disney membuka Galaxy Edge, yang baru  "Star Wars " ground di kedua Walt Disney World di Florida dan Disneyland di California.

"Kami diminta untuk membangun manifestasi fisik dari apa yang tamu kami sukai di layar kaca," ujar Chapek menjelaskan tentang perannya. 

"Kami sebenarnya bagian dari mesin besar. Mesin bercerita besar, tapi kami melakukannya di dunia fisik. Saya pikir itu yang membuat kita sedikit berbeda," kata dia.

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak

Chapek mulai bergabung di Disney pada 1993 dan bekerja di unit Home Entertainment. Ketika ia menjadi Presiden unit itu, ia mempelopori dan sering mengkritik  "Disney Vault " strategi-praktek merilis film ikonik di rumah video untuk waktu yang terbatas saja.

Dia juga terkait dengan distribusi digital baru untuk Disney seperti apple's iTunes, menurut Variety.

Pada 2009, Chapek dipromosikan sebagai Presiden Distribusi Walt Disney Studios, di mana ia ditugaskan untuk memperluas distribusi digital Disney dan mengubah film Disney menjadi Blu-ray.

Pada 2011, ia menjadi Presiden produk konsumen Disney, yang memperluas perannya dalam bidang ritel dan operasi penerbitan lainnya.

Chapek lulus dari Indiana University Bloomington dengan gelar Bachelor of Science di bidang Mikrobiologi pada tahun 1981. Almamaternya bahkan mengucapkan selamat kepadanya melalui akun twitter.

"Selamat untuk Alumni IU Bloomington Bob Chapek (81), yang baru saja ditunjuk sebagai CEO baru Disney! "

Chapek memperoleh gelar MBA dari Michigan State University pada 1984. Ia bekerja di agensi iklan J. Walter Thompson dan H.J. Heinz Company sebelum bergabung dengan Disney pada 1993, menurut biografi perusahaannya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading