Sukses

Ingin Mandiri, Seberapa Besar Biaya Hidup Pangeran Harry dan Megan Markle?

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin mandiri secara finansial. Ini seiring langkah Duke dan Duchess of Sussex tersebut yang mengumumkan untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan. Meski mereka juga memastikan untuk terus mendukung Ratu Elizabeth II.

Selama ini, sebagian besar kekayaan monarki Inggris berasal dari tanah warisan dan investasi. Keluarga kerajaan juga dibiayai dari dana yang dikeluarkan Departemen Keuangan. Peraturan juga melarang anggota keluarga kerajaan mendapatkan penghasilan secara professional.

Dengan memilih kemandirian finansial, artinya maka Harry dan Meghan tidak akan lagi menerima uang melalui hibah dan harus bekerja sebagai profesional.

Melansir beberapa laman seperti Business Insider, Sun, Time, Senin (13/1/2020) menyebutkan jika total kekayaan Harry dan Meghan mencapai USD 30 juta (Rp 420 miliar).

Dengan rincian, kekayaan bersih Meghan sekitar USD 5 juta (rp 70 miliar) dari karir aktingnya. Sementara Harry memiliki USD 25 juta (Rp 350 miliar), yang bersumber dari warisan Putri Diana dan tunjangan tahunan dari Pangeran Charles.

Bila keduanya benar-benar ingin terbebas dari keuangan kerajaan, berapa sebenarnya uang yang mereka butuhkan  untuk hidup?

Anak

Kedua pasangan ini diprediksi membutuhkan ratusan ribu dolar untuk memenuhi kebutuhan hidup anaknya. Ini bila melihat dari uang yang mereka keluarkan untuk anak pertamanya. Harry pernah mengatakan jika dia menginginkan memiliki dua anak.

Saat baby shower anak pertamanya, Meghan mengeluarkan sekitar USD 200 ribu.  Duchess ini juga menghabiskan sekitar USD 11.000 untuk akupuntur dan numerology dalam bulan-bulan menjelang kelahiran bayi Archie. Adapula USD 43.000 untuk babymoon di Heckfield Place.

Belum lagi biaya Pendidikan, makanan, dan pakaian begitu saat kelahiran, serta biaya pengasuhan anak. Harry dan Meghan dilaporkan menggunakan tiga pengasuh sejak Archie lahir.

Para pengasuh ini  merupakan lulusan dari Norland Collage. Mereka digaji antara USD 36.000 hingga USD 59.000. Tidak menutup kemungkinan gaji pengasuh anak bagi anggota keluarga kerajaan akan lebih besar.

 

 

2 dari 3 halaman

Rumah

Untuk tempat tinggal, Harry dan Meghan dilaporkan menghabiskan hampir USD 4 juta (Rp 55,2 miliar) saat merenovasi rumah pada 2019. Itu termasuk USD 60.000 (Rp 828 juta) untuk memasok energi ramah lingkungan, membangun perapian, tangga, dan lantai.

Menurut situs resmi kerajaan, Frogmore Cottage sebenarnya sudah menjalani renovasi wajib sebelum mereka pindah. Proses renovasi sudah menghabiskan setengah dari total biaya yang dianggarkan USD 5,2 juta yang diperlukan untuk tinggal di Istana Kensington. Kediaman ini baru bisa dipakai pada akhir 2020.

Nilai itu lebih dari USD 1,9 juta (26,2 miliar) yang dihabiskan Duke dan Duchess of Cambridge untuk renovasi Anmer Hall di Norfolk.

Pakaian

Untuk pakaian, Meghan dilaporkan menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan bangsawan lainnya pada tahun lalu. Gaya Meghan menjadi ikon gaya dan pakaiannya selalu ludes begitu dia memakainya. 

Ia pernah terlihat mengenakan gaun Stella McCartney seharga USD 2.000 dan mantel Sentaler seharga USD 1.390, serta gaun keluaran Republik seharga USD 116 dan jumpsuit Everlane seharga USD 123.

Dia diprediksi menghabiskan lebih banyak untuk pakaian daripada bangsawan lainnya dalam satu tahun terakhir. Sebagai contoh, saat Kate Middleton menghabiskan USD 85.000, sedangkan Meghan menghabiskan USD 500.000 untuk pakaian hamil selama kehamilannya.

 

 

3 dari 3 halaman

Liburan dan Makanan

Liburan

Harry dan Meghan baru-baru ini berlibur di Manison bernilai jutaan dollar di Pulau Vancouver. Mereka juga menghabiskan Natal di perkebunan Ratu Sandringham. Keduanya Harry berlibur selama enam minggu di dua negara, yakni Amerika Serikat (AS) dan Kanada bersama Archie.

Menurut Mirror, mereka tinggal di mansion tepi laut seharga USD 13,3 juta di Pulau Vancouver. Pulai ini membentang lebih dari 10.000 kaki persegi, dengan beberapa kamar tidur dan kamar mandi serta dapur dengan oven pizza.

Sebelumnya, mereka bepergian ke Botswana, Jamaika, dan Norwegia . Di Norwegia, mereka tinggal di Tromvik Lodge yang memiliki biasa sewa USD 408 per malam.

Makanan

Tidak pernah ada catatan, seberapa besar Harry dan Megan menghabiskan uang untuk makanan. Namun Meghan dikenal menerapkan hidup dengan makanansehat. Sarapannya adalah semangkuk acai, jus hijau dan sayuran quina, beserta wortel.

Anggur favorit Meghan adalah Tignanello yang harganya mencapai USD 130 per botol. Kebiasaan Megan ini tidak berubah sejak menjadi anggota keluarga kerajaan. Seorang teman Meghan mengatakan bahwa dia selalu memasak untuk Harry setiap hari.

 

Reporter : Helena Yupita

Loading
Artikel Selanjutnya
Gelar Kerajaan Resmi Dicopot, Apa Gelar yang Bakal Dipakai Pangeran Harry dan Meghan Markle?
Artikel Selanjutnya
Pilih Megxit, dari Mana Pangeran Harry dan Meghan Markle Dapat Uang?