Sukses

Pemerintah Minta Pertamina Amankan Pasokan BBM dan Elpiji Saat Banjir

Pasokan BBM untuk SPBU dan Elpiji dari Integrated Terminal Jakarta harus tetap berjalan normal, meski terjadi genangan air di beberapa ruas jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meminta agar satuan tugas (Satgas) PT Pertamina (Persero) tetap semaksimal mungkin membantu memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji saat banjir melanda di sejumlah wilayah.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Mohammad Hidayat mengatakan, pasokan BBM untuk SPBU dan Elpiji dari Integrated Terminal Jakarta harus tetap berjalan normal, meski terjadi genangan air di beberapa ruas jalan akibat hujan yang mengguyur Jakarta sejak malam pergantian tahun.

"Satgas Pertamina diharapkan berfungsi dengan baik dan maksimal untuk membantu memenuhi kebutuhan (BBM dan LPG) yang dibutuhkan masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang terkena musibah banjir," kata Hidayat, dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, di Jakarta, Kamis (2/1/2019).

Dia mencontohkan, masyarakat yang rumahnya terkepung genangan banjir dan kebetulan Elpiji di rumahnya habis, sehingga tidak bisa memasak. Keadaan ini membutuhkan peran aktif Satgas Pertamina.

"Terhadap masyarakat seperti ini, Satgas Pertamina diharapkan dapat langsung membantu masyarakat yang membutuhkan LPG," kata Hidayat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan Aman

Unit Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menyatakan, pasokan BBM untuk SPBU di wilayah Jakarta dan sekitarnya dipastikan aman, mengingat sejak Senin hingga Selasa, 30 dan 31 Desember 2019 beberapa SPBU di Jakarta dan sekitarnya telah mendapat pasokan penuh BBM, guna mendukung mobilitas masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun.

Sementara untuk Rabu 1 Januari 2020 pasokan BBM maupun Elpiji tetap dilakukan dan berjalan normal, meski sejumlah ruas jalan mengalami genangan. Namun demikian, terdapat beberapa SPBU yang tidak beroperasi karena akses jalan di sekitar SPBU tergenang air.

"Selain itu, listrik di beberapa SPBU juga dimatikan untuk menjaga keamanan dan keselamatan, imbas genangan," ucap Dewi .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Elpiji