Sukses

Harga Emas Naik di Tengah Perkembangan Negosiasi Dagang AS-China

Harga emas di pasar Spot naik 0,5 persen pada USD 1.477,09 per ounce.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) karena kehatian-hatian investor terhadap perkembangan negosiasi perdagangan Amerika Serikat dan China. Sementara ketidakpastian politik di ekonomi terbesar dunia semakin meningkatkan daya tarik safe-haven logam.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (14/12/2019), harga emas di pasar Spot naik 0,5 persen pada USD 1.477,09 per ounce dan dengan kenaikan lebih dari 1,2 persen sepanjang pekan ini. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,6 persen di level USD 1.481,20.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengumumkan AS akan memutar kembali tarif impor China saat Washington dan Beijing menyelesaikan kesepakatan awal perdagangan.

 

"Meskipun tampaknya ada beberapa kemajuan, kurangnya detail menyebabkan banyak kekhawatiran bahwa kita tidak sejauh dalam kesepakatan perdagangan seperti yang orang inginkan dan akibatnya kita mendapatkan penerbangan ke tempat yang aman," kata Jeffrey Sica, Pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Nilai saham pun berada antara keuntungan dan kerugian, karena investor bingung tentang tanda-tanda kemajuan meskipun ada komentar positif dari kedua belah pihak.

"Fakta bahwa harga emas diperdagangkan mendekati USD 1.475 menunjukkan bahwa masih ada minat yang baik di pasar emas. Meskipun kita telah melihat beberapa selera risiko muncul di belakang kesepakatan perdagangan fase satu, ketidakpastian lainnya terus berlarut-larut di sekitar prospek politik AS," kata Analis Standard Chartered Bank Suki Cooper.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Paladium dan Perak

Di tempat lain, harga paladium turun 0,8 persen menjadi USD 1,923.14 per ounce, setelah mencatat tertinggi sepanjang masa dari USD 1,979.95.

"Sektor otomotif secara bertahap mendapatkan uap dan dengan paladium digunakan sebagai autokatalis dalam mobil, permintaan meningkat, sementara pasokan masih menjadi kendala," kata Analis Riset Kuantitas Komoditas Penelitian Peter Fertig.

Terkendala oleh defisit pasokan, logam telah naik sekitar 2,5 persen sejauh minggu ini, terutama didukung oleh penutupan tambang di seluruh produsen utama Afrika Selatan.

Sedangkan harga Platinum turun 1,9 persen menjadi USD 925,71 per ounce, tetapi naik sekitar 3,5 persen untuk minggu ini. Perak beringsut turun 0,2 persen pada USD 16,90 tetapi ditetapkan untuk mencatat kenaikan mingguan terbaik sejak akhir Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.