Sukses

Mudah, Begini Cara Jadi Mahasiswa Berprestasi

Liputan6.com, Jakarta Menjadi berprestasi tentu jadi impian setiap mahasiswa. Demi mengejar cita-cita, prestasi harus bisa diraih dan mencapai hasil yang cemerlang.

Mahasiswa berprestasi tentu yang tergolong istimewa. Karena selain memiliki prestasi di kampus, kegiatannya pun bisa saja berbeda dengan mahasiswa yang biasanya.

Namun pada dasarnya, semua mahasiswa bisa menjadi seseorang yang berprestasi, asal mau mencoba dan berusaha keras. Bagi mahasiswa baru maupun lama, tak salah jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi.

Tapi perlu diingat, menjadi mahasiswa berprestasi tidaklah mudah dan perlu tahu cara agar bisa melakukannya. Tak sulit, begini cara mudah menjadi mahasiswa berprestasi, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Fokus dan Konsisten dalam Urusan Akademik

Mahasiswa yang berprestasi tentu memiliki sisi akademis yang baik. Jadi jika Anda biasa-biasa saja dalam urusan akademik, sebaiknya jangan berangan-angan ingin jadi mahasiswa berprestasi.

Biasanya dalam dunia perkualiahan, prestasi akademik dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Maka dari itu, Anda harus mampu memiliki IPK yang cukup bahkan tinggi agar bisa menjadi mahasiswa berprestasi.

Sejatinya rasa IPK 3,00 ke atas sudah cukup untuk mengangtarkan Anda menuju mahasiswa berprestasi. Agar bisa mencapainya, harus fokus pada kegiatan akademik, mulai dari belajar, kuliah, dan mengasah kemampuan lainnya. 

2 dari 3 halaman

2. Harus Mau Berorganisasi dan Aktif di Dalamnya

Selain urusan akademik, sosialisasi dengan kampus juga cukup penting. Dalam hal ini, urusan organisasi kampus juga harus diperhatikan.

Bagi yang ingin menjadi mahasiswa berprestasi, harus mau bergabung dengan organisasi yang ada di kampus. Tujuannya untuk mengembangkan bakat sosial dan melatih diri dalam hal kepemimpinan. 

Biasanya organisasi yang diikuti mahasiswa juga berpengaruh besar terhadap penilaian mahasiswa berprestasi. Jika punya pengalaman organisasi yang cukup luas dan aktif, tentu Anda bisa menjadi mahasiswa berprestasi yang penuh pengalaman dari segi ini.

3. Memiliki Sikap Rendah Hati dan Mau Terus Belajar

Meski punya berbakat dalam segala hal di kampus, tidak menjadikan Anda sebagai orang yang tinggi hati dan merasa diri sendiri terbaik daripada orang lain. Pupuklah sikap rendah hati serta belajar bahwa semua orang sedang belajar menuju hal yang lebih baik.

Meski diri sendiri akan bersaing dengan orang lain, namun rasa rendah hati akan menjadikan kita tidak iri dengan orang yang lebih hebat dari kita. Selain rendah hati, rasa belajar akan hal baru juga harus ditanamkan dalam diri.

Meski Anda sudah menguasai banyak hal, jangan berhenti untuk terus belajar terhadap hal baru. Hal ini penting apabila Anda menemui orang yang berbeda pendapat, karena bisa terbuka dan mau mempelajari hal tersebut.  

3 dari 3 halaman

4. Terus Berusaha Memiliki Kepribadian yang Baik

Selain urusan dengan dunia luar seperti akademik dan organisasi, kepribadian diri sendiri juga harus bisa ditingkatkan sebaik mungkin. Anda harus melatih kepribadian yang baik seperti sikap rendah hati dan rasa percaya diri yang baik. 

Dengan kepribadian yang baik dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi tentu bisa melatih diri menjadi mahasiswa yang berperstasi.

Selain itu, kesopanan dan tingkah laku yang baik di depan orang lain juga menentukan apakah Anda bisa menjadi mahasiswa berprestasi atau tidak saat penilaian nantinya.

5. Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Orang Lain

Biasanya dalam seleksi mahasiswa berprestasi wajib menyertakan karya tulis besifat ilmiah sebagai bahan presentasinya. Karya tulis ini tentu memerlukan data dan observasi ke lapangan ke berbagai pihak dan harus didiukung banyak orang.

Maka dari itu, jika Anda ingin jadi mahasiswa berprestasi, tentu harus memiliki relasi dengan orang lain sebaik mungkin. Sosialisasi dan relasi yang baik bisa dilatih selama berada di kampus, baik dengan sesama teman, dosen, pegawai kampus, dan lainnya.

Perlu diingat, menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar sangat penting guna menambah wawasan. Selalu terus belajar menjalin hubungan dengan orang lain juga bisa mengasah kemampuan diri dalam bersosialisasi. 

Sudah Siapkah Menjadi Mahasiswa Berprestasi?

Cita-cita Anda menjadi mahasiswa berprestasi akan terwujud jika disertai dengan niat serta siap melakukan segalanya untuk semua itu dengan baik. 

Persiapkan diri sebaik mungkin menjadi mahasiswa berprestasi sejak awal dengan melakukan cara-cara di atas serta memaksimalkan waktu yang ada untuk mewujudkan impian.

Sudah siapkah menjadi mahasiswa berprestasi?