Sukses

Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Maret 2020

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) terus melanjutkan pengerjaan proyek Tol Trans Sumatera sepanjang 2.765 km. Hingga kini, perseroan telah membangun 469,5 km Jalan Tol Trans Sumatera, dimana 179 km diantaranya sudah beroperasi penuh.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan, salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang ditargetkan tuntas dalam waktu dekat yakni Tol Pekanbaru-Dumai. Ruas tol sepanjang 131 km ini diproyeksikan rampung dan siap beroperasi Maret 2020.

"Panjang keseluruhan ruas tol Pekanbaru-Dumai 131 km yang terbagi menjadi 6 seksi, dengan progress pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Seksi 1 sepanjang 9,50 km Insya Allah bisa selesai akhir tahun 2019 ini," jelas Fauzan, Senin (2/12/2019).

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa seksi 2, 3 dan 4 masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan keseluruhan. Sedangkan seksi 5 dan 6 pembebasan lahan telah selesai sehingga dapat dikebut untuk pembangunan konstruksinya.

Tidak hanya hanya membangun fisik jalan tol saja, Hutama Karya juga membangun enam perlintasan gajah di ruas tol Pekanbaru-Dumai ini, tepatnya di seksi 4 yaitu daerah Kandis Utara dan Duri Selatan.

Riau sendiri memiliki populasi gajah Sumatera yang merupakan satwa yang dilindungi. Berdasarkan catatan pada 2007, kini tinggal tersisa sisekitar 210 ekor gajah Sumatera.

Pembangunan perlintasan gajah ini dilakukan karena daerah tersebut merupakan daerah jelajah gajah, dimana nantinya setelah rampung, perlintasan tersebut akan di naturalisasi, dikembalikan seperti semula, dengan ditanami tanaman yang disukai oleh gajah.

2 dari 3 halaman

Tol Padang-Pekanbaru

Untuk proyek Jalan Tol Trans Sumatera lainnya yang digarap Hutama Karya, ruas tol Padang-Pekanbaru sepanjang 255 km juga telah dimulai pembangunan konstruksi, tepatnya pada ruas Padang-Sicincin (seksi 5) sepanjang 29km

"Saat ini dalam tahap pembebasan lahan dan diharapkan pada 2020 kita dapat melakukan pembangunan konstruksi penuh," terang Fauzan.

Adapun ruas tol paling atas di Sumatera yakni Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km saat ini juga masih dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi.

"Pembebasan lahan di Seksi 4 sepanjang 13,5km ruas Indrapuri-Blangbintang sendiri, hampir tuntas, sehingga konstruksinya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019 ini," pungkas Fauzan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tol Kunciran-Serpong Diyakini Tambah Nilai Ekonomi Kawasan Ini
Artikel Selanjutnya
Menakar Dampak JLSS dan Tol di Kebumen Selatan