Sukses

Peringati Hari Ikan Nasional, Berau Luncurkan Inovasi Produk Bandeng

Produk ikan bandeng tanpa duri diluncurkan Kampung Tabalar Muara, Berau, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kampung Tabalar Muara melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Mandiri Sejahtera, meluncurkan produk ikan bandeng tanpa duri.

Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 yang diselenggarakan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pengembangan usaha ikan bandeng tanpa duri merupakan kerja sama kemitraan antara Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), SIGAP Sejahtera, serta program Tropical Forest Conservation Act (TFCA) di Kampung Tabalar Muara, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau.

“Kami sangat bersyukur dan memberi apresiasi kepada Dinas Perikanan, YKAN, serta mitra lain yang mau memperhatikan kami di kampung melalui kemitraan dengan BUMK untuk memajukan ekonomi masyarakat,” ujar Ketua BUMK Mandiri Sejahtera Rukmana Paysal.

Kampung Tabalar Muara, Kabupaten Berau, terletak dalam Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kepulauan Derawan dan perairan Sekitarnya (KKP3K  KDPS), serta berada dalam bentang laut Sulu Sulawesi yang termasuk dalam kawasan Segitiga Terumbu Karang.

Kawasan perairan ini memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan merupakan jalur migrasi biota laut penting dengan nilai ekonomis tinggi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pendapatan Keluarga Petambak

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Berau Tenteram Rahayu menjelaskan bahwa produk bandeng tanpa duri produksi dari Tabalar Muara juga menjadi bagian dari program Ikanku Fresh yang dikembangkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Berau. Ikanku Fresh adalah singkatan dari Ikan Layak Konsumsi Friendly, Ekonomis, Sehat, Higienis.

“Program ini menekankan pada pengolahan pascapanen yang menyediakan produk segar, ramah lingkungan, dan higenis bagi konsumen,” tambah Tenteram.

Kabupaten Berau juga merupakan salah satu wilayah pesisir yang memiliki hutan mangrove, yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan. Berau pun menjadi kabupaten dengan luas mangrove tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur.

“Adanya produk bandeng tanpa duri ini akan meningkatkan pendapatan keluarga petambak tanpa harus membuka tambak baru dari mangrove. Menahan laju pembukaan lahan mangrove ini penting karena mangrove adalah sumber pakan alami bandeng sekaligus mendukung kesehatan ekosistem bentang laut Sulu Sulawesi,“ jelas Direktur Program Kelautan YKAN Muhammad Ilman.

Produk bandeng tanpa duri hasil olahan ibu-ibu dari Kampung Tabalar Muara merupakan pionir untuk jenis produk olahan berbahan baku ikan bandeng di Kabupaten Berau. Selama ini produk bandeng tanpa duri di Kabupaten Berau masih didominasi dari daerah lain.

“Pemerintah Kabupaten Berau selalu mendukung inovasi-inovasi produk dari masyarakat. Semoga produk bandeng tanpa duri dari Kampung Tabalar Muara ini bisa menginspirasi kampung-kampung lain untuk menciptakan produk  sesuai potensi kampung setempat untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkas Bupati Berau Muharram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.