Sukses

Kepala BKF Suahasil Nazara akan Jadi Wakil Menteri Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara masuk dalam deretan calon wakil menteri (Wamen). Dia tampak datang ke istana menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/10/2019) ini.

Usai bertemu dengan presiden, Suahasil mengungkapkan hal yang menjadi arahan. "Saya antara lain membahas investasi, tenaga kerja perekonomian, keuangan," jelas dia singkat di Istana, Jumat (25/10/2019).

Terdapat 12 orang calon wakil menteri yang menghadap Presiden. Mereka berasal dari partai politik dan profesional. 

Beberapa diprediksi masuk dalam kementerian yang mengurusi ekonomi. Ini berdasarkan pada latar belakang mereka.

Mereka adalah Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Mahendra Siregar, Direktur PT Bank Mandiri Kartika Wiryoadmodjo, Politikus Golkar Jerry Sambuaga dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik wakil menteri di Istana Negara Jakarta pukul 14.00 WIB.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lantik Wakil Menteri di Istana Siang Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik wakil menteri yang akan mengisi sejumlah pos kementerian, Jumat (25/10/2019). Pelantikan rencananya akan digelar di Istana Negara Jakarta pukul 14.00 WIB.

"Betul (Presiden akan melantik wakil menteri), jam 14.00 WIB," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Jumat (25/10/2019).

Sebelum melantik, Jokowi akan terlebih dahulu memanggil para calon wakil menteri ke Istana. Hal ini sama dilakukan kala Jokowi hendak mengumumkan dan melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan susunan wakil menteri sudah rampung dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Wakil menteri terserap dari kalangan partai politik dan profesional.

"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Jokowi enggan menjelaskan lebih lanjut saat ditanya berapa wamen yang akan dilantik. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan bahwa wamen yang dilantik memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri.

"Misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wamen ada 3, dan itu diperlukan, kita tahu, BUMN kita ada 140-an," jelas dia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Erick membenarkan bahwa salah satu calon, yakni Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo.