Sukses

Mudah, Yuk Tiru Cara Para Miliarder Atur Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang secara tak sadar tidak akan mengindahkan tips mengatur keuangan dari orang kaya. Alasannya, mereka berpikir bahwa orang kaya memang sudah kaya dari ‘sananya’ dan dirinya bukan bagian dari mereka itu.

Sebagian orang lagi berpikir bahwa wajar saja mereka kaya karena bisa mengatur keuangan dengan baik dan uangnya tidak habis-habis. Padahal semua itu tidaklah benar seutuhnya. Justru seharusnya kita bisa belajar dari orang-orang kaya tersebut, bagaimana caranya mereka bisa mendapatkan harta sebanyak itu dan menjadi miliarder.

Kuncinya sebenarnya adalah pandai mengatur keuangan. Tak sulit, begini cara atur keuangan gaya miliarder yang wajib ditiru dalam kehidupan sehari-hari agar finansial aman seperti dikutip dari Cermati.com yang melansir Mint.

1. Mulailah dari Sekarang

Carlos Slim Helu adalah seorang bisnisman asal Mexico yang menduduki peringkat orang paling kaya sedunia sebelum Bill Gates mengambil alih gelar tersebut. Tips mengatur keuangan yang dikemukakan oleh Slim sebenarnya sederhana, namun hal tersebutlah yang membuatnya sekaya sekarang.

Salah satu tips darinya adalah mulai dari sekarang. Maksudnya adalah mulai atur keuangan dari sekarang. Jangan sampai di usia 45 tahun, Anda masih berjuang untuk merdeka secara finansial.Mumpung masih muda, mulailah dari sekarang.

Semakin cepat Anda mulai mengatur, menabung, dan menginvestasikan uang, semakin besar pula peluang menuju merdeka finansial.

Slim juga mengatakan, jangan hanya berinvestasi di satu instrumen saja. Mulailah investasi di sana-sini. Ini karena jika salah satu instrumen investasi Anda tidak ada kemajuan, ada kemungkinan tetap bisa mendulang keuntungan di intrumen lainnya.

Slim mulai investasi di umur 12 tahun dan memiliki pendapatan per minggu sebesar 200 peso dengan bekerja di perusahaan milik ayahnya.

2. Temukan Passion Anda

Mungkin rekening bank Anda kosong dan tidak bisa membeli satu barang pun, tapi untuk memiliki kepercayaan pada diri sendiri tidak memerlukan biaya apapun.

Seperti yang dikatakan Oprah Winfrey, “Anda akan menjadi apa yang Anda yakinkan. Di mana posisi Anda sekarang berdasarkan segala hal yang sudah Anda yakinkan.” Oleh sebab itu, temukan passion yang dimiliki.

Ini karena passion akan membuat Anda lebih mencintai pekerjaan yang dijalani.Ini sejalan dengan ucapan dari salah satu miliarder dunia, Christopher Paul Gardner.

Dengan menjalani pekerjaan sesuai dengan passion, maka Anda tidak akan segan-segan untuk terus belajar menjadi lebih baik dalam pekerjaan.

3. Hidup secara Sederhana

Seorang investor kelas kakap seperti Warren Buffet tinggal di rumah seharga US$31.500 yang dibelinya di tahun 1957. Sedangkan Carlos Slim tinggal di rumah yang sama selama 40 tahun.Artinya, walaupun kita memiliki uang kita harus tetap hidup sederhana.

Mengikuti hawa nafsu untuk memiliki sesuatu yang tidak dibutuhkan sama saja meletakan keuangan Anda di treadmill, bukan di eskalator.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

4. Gunakan Transportasi Publik agar Hemat

 

Memilih untuk membawa mobil pribadi sebagai moda transportasi sehari-hari? Coba pikirkan ulang. Miliarder seperti John Caudwell, David Cheriton, dan Chuck Feeney saja tidak malu untuk jalan kaki, naik sepeda, bahkan menggunakan transportasi publik untuk kesehariannya. Menggunakan transportasi publik dinilai lebih hemat dan efektif.

5. Cari Peluang Sebaik Mungkin

Bagaimana Warren Buffet bisa sukses seperti sekarang? Dia mulai investasi di perusahaan asuransi di awal kariernya. Kelihatannya memang tidak menjanjikan, tapi dia tau peluang investasi yang ada.

Daripada memiliki uang USD 5.000 didiamkan, lebih baik memiliki uang US$50 tapi diinvestasikan. Selain itu dia juga pandai menganalisa perusahaan mana yang tingkat risikonya rendah dalam investasi.

6. Pikirkan Ulang jika Ingin Membeli MobilApabila membeli mobil merupakan prioritas Anda karena ingin membuktikan kesuksesan yang didapat, coba pikirkan ulang. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan membeli mobil jika memang butuh, tapi kalau beli mobil karena gengsi, itu patut dipertanyakan.

Seorang pendiri Ikea, Ingvar Kamprad memilih tetap mengendarai Volvo tuanya yang sudah berusia 10 tahun. Sedangkan Jim Walton seorang miliarder pendiri waralaba Walmart tidak malu untuk mengendarai truk pick-up yang usianya sudah 15 tahun.

Jadi, jika orang kaya saja tidak mengedepankan gengsi, kenapa kita harus gengsi? Buanglah jauh-jauh gengsi yang bikin sulit untuk raih sukses ini.

Belajar dari yang Sudah Berpengalaman

Salah satu kunci sukses yang sering diabaikan adalah belajar dari orang yang sudah pernah menjalaninya terlebih dahulu dan berhasil. Orang tersebut tentunya memiliki banyak pengalaman, tantangan, sekaligus kemudahan yang dihadapi.

Jadi, jangan malu bertanya kepada yang pengalaman, ya? Atau banyak-banyak membaca kisah sukses para miliarder untuk bisa lebih banyak belajar dari pengalaman mereka.

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ajarkan Kedisiplinan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
3 Cara Menambah Pendapatan dengan Menggandeng Mitra Bisnis