Sukses

5 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Individu Terkait Uang

Liputan6.com, Jakarta Kondisi keuangan berdampak sangat besar pada kesejahteraan pribadi seseorang. Tak heran, terlepas dari latar belakang dan kondisi, masuk akal bagi seseorang untuk meluangkan waktu dan upaya mengatur keuangan yang tepat untuk dirinya.

Agar tak salah jalan, berikut 5 pilihan keuangan yang harus dibuat demi menggapai kesuksesan finansial, Dikutip dari Laruno.id:

1. Buat Anggaran

Berdasar pengalaman, seseorang tidak akan bisa mengendalikan keuangan, kecuali mengetahui apa yang selama ini didapat serta yang belanjakan.

Untuk itu, langkah pertama yang bisa dilakukan dengan menciptakan anggaran melalui pencatatan setiap transaksi. Ini bisa menjadi panduan tentang informasi keuangan yang selama ini terjadi. 

Langkah ini sederhana tetapi penting karena tanpa informasi sulit mencapai keberhasilan dalam keuangan.

2 dari 3 halaman

2. Tentukan Tujuan

Ada beberapa alasan mengapa seseorang harus menetapkan tujuan keuangan bagi diri mereka. Pertama, memiliki tujuan keuangan membantu individu berusaha mengambil tindakan yang sesuai untuk mewujudkannya.

Kedua, memiliki tujuan keuangan dapat membantu individu mengikuti tindakan yang sesuai dan memotivasi.

3. Prioritas

Seringkali, orang harus memilih apa yang menjadi prioritasnya. Dengan memahami apa yang lebih penting dan kurang penting, dapat membantu individu mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya.

Misalnya, jika mereka perlu mengurangi pengeluaran maka sebelumnya pahami pengeluaran mana yang lebih penting dan tidak penting. Dengan demikian proses pengaturan keuangan menjadi lebih sederhana dan mudah.

3 dari 3 halaman

4. Jangan menghabiskan lebih dari yang Anda inginkan

Anda tidak boleh salah mengartikan kartu kredit dan produk keuangan lainnya dengan uang gratis. Setelah semua saldo datang dengan biaya bunga, yang berarti bahwa mereka akan menghasilkan beban yang lebih besar yang harus didukung oleh keuangan peminjam dalam jangka panjang. Akibatnya, orang harus berhati-hati dan mempertimbangkan ketika menggunakan kredit.

5. Simpan

Menyimpan sangat penting bagi orang-orang yang ingin memastikan kesejahteraan finansial mereka dalam jangka panjang.

Ini karena tidak ada yang dapat menjamin bahwa mereka tidak akan pernah kehilangan pekerjaan mereka, memiliki masalah medis yang mahal, atau menghadapi masalah yang mendadak.

Maka dari itu, memiliki tabungan sangat penting, sehingga meminimalkan keseriusan gangguan sebanyak mungkin.

 

Loading