Sukses

Kisah Masaru Wasami, dari Supir Truk Jadi Miliarder

Masaru Wasami seorang miliarder asal Jepang yang mendadak menjadi miliarder berkat dirinya yang pandai melihat peluang dari Amazon

Liputan6.com, Jakarta Masaru Wasami seorang pekerja biasa asal Jepang yang mendadak menjadi miliarder. Mulanya Masaru bekerja paruh waktu di sebuah toko sayur pada usia 12 tahun. Tiga tahun kemudian, ia meninggalkan sekolah dan memutuskan untuk terjun ke bisnis.

Bermula pada tahun 1970, dia menggeluti bisnis truk. Beberapa tahun kemudian, ia memiliki lebih dari 100 truk yang melayani pengiriman produk logistik untuk rantai toko obat di seluruh Jepang.

Seperti dilansir dari Business Standard, Sabtu (12/10/2019), ide bisnis Masaru bermula dari menemani temannya yang ingin mengambil paket dari sebuah pabrik benang. Tetapi ia harus menghadapi ketidakmampuan dalam menangani distribusinya.

Hal tersebut membuatnya terinspirasi untuk menjalani bisnisnya sekarang dan ia pun bekerjasama dengan Amazon dan Rakuten Inc. yang berbasis di Tokyo.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amazon

Kehadiran Amazon, berdampak juga bagi Masaru Wasami. Sebelumnya Yamato Holdings Co., yang merupakan salah satu operator parsel terbesar di Jepang, tidak lagi bekerjasama dengan Amazon saat itu. Pada saat itu lah, Masaru melihat peluang untuk menggandeng Amazon.

Peluang tersebut akhirnya membuat Amazon untuk beralih ke bisnis kurir Masaru. "Kami telah menyarankan Amazon untuk melakukan layanan pengiriman pada hari yang sama dengan kami selama bertahun-tahun," jelas Masaru.

Peningkatan pengiriman tersebut menjadi keuntungan bagi perusahaan Masaru. Hari ini, dirinya dinobatkan menjadi miliarder .

Dia pun berterima kasih kepada Amazon. Bisnisnya tersebut telah mendatangkan kekayaan untuk dirinya sebesar USD 1 miliar atau Rp 14 triliun (1 USD = Rp 14.131).

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tokyo adalah ibukota dari negeri Sakura, Jepang
    Tokyo adalah ibukota dari negeri Sakura, Jepang

    Tokyo

  • Amazon adalah hutan hujan yang termasuk tujuh keajaiban alam versi New7Wonders
    Amazon adalah hutan hujan yang termasuk tujuh keajaiban alam versi New7Wonders

    amazon

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder