Sukses

Investor Tunggu Penurunan Suku Bunga The Fed, Harga Emas Melonjak

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik pada perdagangan Selasa (Rabu waktu Jakarta). Kenaikan ini ditopang oleh ekspektasi akan penurunan suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed).

Namun demikian, emas diperdagangkan dalam kisaran yang relatif sempit karena investor menunggu kejelasan lebih lanjut tentang sikap bank sentral pada kebijakan moneter masa depan.

Dikutip dari CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1,502.80 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS datar berada di USD 1.511 per ounce.

 

"Apa yang Anda miliki adalah posisi pedagang di emas sekarang sedang mencoba untuk mempersiapkan diri untuk pertemuan Fed," kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS.

The Fed diperkirakan akan mengumumkan penurunan suku bunga ketika menyimpulkan pertemuan kebijakan dua hari pada hari Rabu. Ini akan menjadi pemotongan kedua oleh bank sentral setelah menurunkan suku pada bulan Juli untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan 2008.

Pemotongan suku bunga The Fed minggu ini dapat memberikan tekanan pada Bank of Japan untuk melonggarkan kebijakan pada hari Kamis.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang bullion non-menghasilkan dan membebani dolar, membuat harga emas lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

"Jika The Fed underwhelms, atau tidak memotong suku bunga, Anda mungkin akan melihat penurunan emas yang baik. Jika mereka keluar dan mengejutkan semua orang dengan memotong 50 bps (basis poin) alih-alih 25, Anda mungkin melihat pop yang bagus dalam emas, ”tambah Matousek.

Pada Senin lalu, harga emas naik lebih dari 1 persen sebelum menetap 0,6 persen untuk hari setelah serangan terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi selama akhir pekan mengintensifkan kekhawatiran tentang stabilitas di Timur Tengah. Hal ini mendorong Presiden AS Donald Trump untuk menerapkan lebih banyak tekanan pada Fed untuk tarif lebih rendah.

"AS dan Arab Saudi tidak mungkin hanya duduk di tangan mereka, yang akan menjaga kecemasan di pasar dunia."

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keputusan The Fed

Sementara itu, pasar ekuitas lebih rendah, dengan investor yang masih nonkomit menjelang keputusan Fed dan putaran berikutnya dari pembicaraan perdagangan AS-China pada hari Kamis.

"Kata-kata (dari The Fed) pasti akan dicari karena sebelumnya ditafsirkan sebagai pengakuan dovish tentang perlunya pemotongan lebih lanjut," kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities.

Harga emas telah naik hampir 19 persen, atau lebih dari USD 200, sejak menyentuh level terendah 2019 dari USD 1.265,85 pada awal Mei. Ini didukung oleh sikap yang semakin dovish dari bank sentral utama, eskalasi dalam perang dagang AS-China dan ketegangan Timur Tengah.

"Uptrend emas masih utuh dan tidak benar-benar dalam bahaya surut dalam waktu dekat," kata TD Securities Ghali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed